Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116584
Title: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Aplikasi Kahoot Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Sma
Authors: FITRIYANI, ,Firyal Fatinah
Keywords: model kooperatif tipe STAD
kahoot
hasil belajar fisika
Issue Date: 17-Mar-2023
Publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Abstract: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media kahoot merupakan salah satu model yang melibatkan siswa secara aktif saat pelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media aplikasi kahoot dengan kelas yang menggunakan model yang diajarkan disekolah, melalui penerapan model ini siswa lebih aktif selama proses pembelajaran sehingga hasil belajar yang didapatkan juga meningkat setelah menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantuan kahoot. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakukan di SMAN 3 Jember, kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 34 siswa dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 34 siswa. Sumber data berasal dari penilaian oleh pengamat, pretest, posttest. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh signifikan sebesar 0,017 terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran melalui penerapan model berbantuan media aplikasi kahoot mendapatkan presentase kriteria sangat aktif yakni pertemuan pertama yaitu 84,35% dan pada pertemuan kedua didapatkan rata-rata sebesar 92,47%, sehingga setiap pertemuan siswa bereparan aktif selama proses pembelajaran.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116584
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi repository_iyal.pdf
  Until 2028-04-12
5.12 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools