Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116581
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPRASETIYO, Diki-
dc.date.accessioned2023-05-30T02:53:07Z-
dc.date.available2023-05-30T02:53:07Z-
dc.date.issued2023-05-02-
dc.identifier.nim190210204094en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116581-
dc.description.abstractModel pembelajaran kooperatif pada dasarnya merupakan pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok. Model pembelajaran ini dikembangkan menjadi beragam salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together. Pembelajaran yang dilakukan guru di sekolah pernah menerapkan pembelajaran kooperatif namun belum dengan tipe-tipe yang ada. Hasilnya pada pembelajaran IPA masih terdapat 55,56% siswa yang belum bisa mencapai kriteria ketuntasan dikarenakan dalam pembelajaran tidak semua siswa bisa aktif berdiskusi dan mengungkapkan pendapatnya melainkan selalu terdominasi dengan siswa yang cerdas. Oleh karena itu, penelitian ini ingin menerapkan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together untuk memberikan kesempatan dan hak yang sama kepada siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together berbantuan permainan scramble terhadap hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang menggunakan desain Quasi Experimental dengan pola Non-Equivalent Control Group. Sampel yang digunakan antara lain 27 siswa dari kelas VA dan 27 siswa dari kelas VB. Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes yang hasilnya t-hitung lebih besar dari t-tabel yakni 2,611 > 1,675 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together berbantuan permainan scramble terhadap hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together, Scrambelen_US
dc.description.sponsorshipDrs. Nuriman, Ph.D. Kendid Mahmudi, S.Pd., M.Pfis.en_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPembelajaran Kooperatifen_US
dc.subjectPermainan Scrambleen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Permainan Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasaren_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Nuriman, Ph.D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Kendid Mahmudi S.Pd., M.Pfis.en_US
dc.identifier.validatorratnaen_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi tanggal 30 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tugas Akhir Skripsi Repository_190210204094.pdf
  Until 2028-05-10
907.52 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools