Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116569
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorANGGRAENI, Maria Aqsata-
dc.contributor.authorMASYHUD, M Sulthon-
dc.contributor.authorHUTAMA, Fajar Surya-
dc.date.accessioned2023-05-30T02:13:08Z-
dc.date.available2023-05-30T02:13:08Z-
dc.date.issued2023-04-27-
dc.identifier.nim180210204014en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116569-
dc.description.abstractProses pembelajaran yang baik dapat memberikan efek positif bagi hasil belajar siswa. Guru perlu menggunakan pendekatan, model, metode, atau media pembelajaran yang tepat agar hasil belajar siswa dapat memenuhi harapan guru. Nilai minimal mata pelajaran matematika tidak tercapai oleh siswa kelas IV sebagai salah satu dampak pembelajaran satu arah. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan media flipbook terhadap hasil belajar matematika pada keliling dan menghitung luas bangun datar. pada siswa kelas IV SDN 1 Karangsari Banyuwangi. Peneliti menggunakan eksperimen semu dengan kelompok kontrol non-ekuivalen. Penelitian dilakukan di SDN 1 Karangsari Banyuwangi. Subyek penelitian adalah 48 siswa kelas IV. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, lembar tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji-t dan analisis uji efektivitas relatif. Melalui hasil perhitungan diperoleh thitung = 3,703 dengan taraf signifikansi 0,05%. Dikonsultasikan dengan ttabel = 2.012. Setelah itu dilakukan perhitungan uji keefektifan relatif diperoleh hasil belajar dengan menggunakan model problem based learning berbantuan media flipbook lebih efektif sebesar 49,40%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika keliling dan hitung luas bangun datar di SDN 1 Karangsari Banyuwangi.en_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectPembelajaran Matematikaen_US
dc.titlePengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Pada Siswa Kelas Iv di Sdn 1 Karangsari Banyuwangien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. M. Sulthon Masyhud, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi tanggal 30 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc tata.pdf
  Until 2028-05-25
5.57 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools