Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116562
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA/MA
Authors: HODAY, Ifa
Keywords: model pembelajaran STAD
keterampilan berpikir kritis
hasil belajar
Issue Date: 6-Apr-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Latar belakang dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran yang masih menggunakan model konvensional sehingga mengakibatkan terjadinya beberapa permasalahan diantaranya rendahnya keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttest control group desain. Lokasi penelitian dilaksanakan di MA. Miftahul Ulum Kalisat pada semester genap dengan materi pelajaran “Dinamika Atmosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan”. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran kooperatif STAD berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir krtitis dan hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan hasil uji independent T-test yaitu nilai sig. keterampilan berpikir kritis sebesar 0,002 (<0,05) dan nilai sig. hasil belajar siswa sebesar 0,023 (<0,05). Model pembelajaran ini juga mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil beajar siswa yang dibuktikan dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116562
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Hoday Ifa (180210303046).pdf
  Until 2028-05-25
5.89 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools