Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116374
Title: Eksperimentasi Model Problem Based Learning Metode Tutor Sebaya Berbantuan Card Problem dan Model Jigsaw Berbantuan Card Problem ditinjau dari Hasil Belajar Matematika
Authors: INDAH, Amaliyatul
Keywords: Card problem; hasil belajar; model Problem Based Learning tutor sebaya
Issue Date: 26-Dec-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pembelajaran matematika sering dianggap sulit bagi siswa yang mengakibatkan masih kurangnya kemampuan siswa dalam pemecahan masalah. Permasalahan tersebut terjadi di SMPN 8 Jember yang berdasarkan hasil observasi, siswa kelas VII memiliki keterampilan pemecahan masalah yang rendah diakibatkan model pembelajaran yang digunakan masih konvensional. Jika permasalahan tersebut tidak segera diatasi dikhawatirkan akan berlanjut pada generasi siswa selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model PBL metode tutor sebaya berbantuan card problem terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMP materi segiempat. Penelitian ini termasuk quasi experimental design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pretest dan posttest yang akan diuji dengan uji Paired Samples T Test dan uji regresi (ANOVA) pada aplikasi SPSS. Hasil uji Paired Samples T Test pada kelas eksperimen memberikan nilai sig. sebesar 0,000 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,003. Uji regresi pada kelas eksperimen nilai sig. 0,014 dan kelas kontrol memberikan nilai sig. 0,033. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model PBL metode tutor sebaya berbantuan card problem lebih efektif dan berpengaruh daripada model PBL metode tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Kesimpulan pada penelitian ini adalah implementasi media pembelajaran card problem pada model PBL metode tutor sebaya memberikan hasil yang efektif terhadap hasil belajar matematika materi segiempat.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116374
Appears in Collections:MT-Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
AMALIYATUL INDAH_200220101020_TESIS.pdf
  Until 2028-03-16
13.16 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.