Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116218
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSeptiana, Frida-
dc.date.accessioned2023-05-17T08:32:36Z-
dc.date.available2023-05-17T08:32:36Z-
dc.date.issued2023-02-12-
dc.identifier.nim190210303017en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116218-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 17 Mei 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractIlmu pengetahuan dan teknologi kian berkembang di era globalisasi. Perkembangan teknologi yang sangat pesat akan berpengaruh terhadap sumber daya manusia. Adanya teknologi yang kian berkembang, guru dituntut mampu untuk memadukan teknologi masa kini ke dalam dunia pendidikan. Guru dapat menggunakan teknologi canggih menjadi sebuah media pembelajaran. Berdasarkan pengalaman peneliti pada saat pra-observasi, ditemukan bahwa pembelajaran geografi masih dilakukan dengan cara guru menjelaskan di depan kelas dan masih kurangnya siswa dalam berinteraksi dengan siswa lainnya sehingga pemahaman materi masih kurang. Pelaksanaan pembelajaran geografi akan lebih baik jika menggunakan media pembelajaran. Guru dapat memberikan pengalaman belajar dengan mendesain proses pembelajaran seperti penggunaan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran geografi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pemilihan kelas tersebut dilakukan menggunakan uji homogenitas dengan menggunakan nilai siswa pada materi sebelumnya. Data yang diuji terbukti homogen, maka pemilihan kelas menggunakan cluster random sampling dan menghasilkan kelas X 1 sebagai kelas eksperimen serta X 9 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas tersebut diberikan materi dan waktu yang sama, yang membedakan ialah perlakuan model pembelajaran yang dilakukan saat pembelajaran, analisis data yang digunakan yaitu Mann Whitney U Test. Setelah diuji menggunakan Mann Whitney U Test, data menunjukkan bahwa hasil post-test kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan angka Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 dan hasil post-test hasil belajar siswa menunjukkan angka Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Kedua hasil uji tersebut berada dibawah 0,05. Artinya, berdasarkan dasar pengambilan keputusan, jika Sig. dibawah 0,05 maka terdapat efektivitas aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan terdapat efektivitas aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran geografi terhadap hasil belajar siswa. Analisis hasil berdasarkan lima indikator kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen memperoleh nilai keseluruhan diantaranya penjelasan dasar dengan nilai 81, dasar pengambilan keputusan dengan nilai 81, kesimpulan dengan nilai 81, penjelasan lebih lanjut dengan nilai 75, serta menalar dan mengintegrasian dengan nilai 93. Berdasarkan hasil post-test kemampuan berpikir kritis, maka nilai tertinggi diperoleh indikator menalar dan mengintegrasian. Artinya, siswa kelas eksperimen memiliki kemampuan berpikir kritis yang tinggi, terutama pada indikator menalar dan mengintegrasian. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat efektivitas aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa, sehingga media pembelajaran ini dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Prof. Dr. Sri Astutik, M.Si. Dosen Pembimbing Anggota : Muhammad Asyroful Mujib, S.Pd., M.Sc.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectEfektivitas Aplikasi Tiktoken_US
dc.subjectMedia Pembelajaran Geografien_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritisen_US
dc.titleEfektivitas Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran Geografi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Geografien_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Sri Astutik, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Muhammad Asyroful Mujib, S.Pd., M.Sc.en_US
dc.identifier.validatorkacung-11-Mei-2023en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
190210303017_FRIDA SEPTIANA_SKRIPSI REPOSITORY.pdf
  Until 2028-05-11
3.51 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools