Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116210
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAini, Nisa Nur-
dc.date.accessioned2023-05-17T08:17:02Z-
dc.date.available2023-05-17T08:17:02Z-
dc.date.issued2023-01-31-
dc.identifier.nim190210402029en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116210-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 17 Mei 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractPersepsi sebagai landasan berfikir siswa dalam belajar. Persepsi dalam belajar memiliki pengaruh dalam pembentukan konsep, daya ingat, dan pembinaan sikap. Keberhasilan dalam belajar ditentukan oleh materi, metode, dan media pembelajaran yang sangat penting untuk diperhatikan dalam proses mengajar. Hal ini berarti untuk mencapai keberhasilan dalam belaja, salah satunya dapat dilakukan dengan mengembangkan persepsi siswa terdapat materi, metode, dan media pembelajaran. Persepsi siswa terhadap praktik pembelajaran bahasa Indonesia menyangkut aspek komponen pembelajaran, yaitu persepsi peserta didik terhadap materi, media, dan metode pembelajaran. Persepsi siswa terhadap komponenkomponen pembelajaran dapat dilihat dari persepsi positif dan persepsi negatif. Peserta didik yang memiliki persepsi positif terhadap pelajaran bahasa Indonesia akan menunjukan sikap menyukai dan menanggapi komponen pembelajaran dengan baik. Sedangkan peserta didik yang mempunyai persepsi negatif terhadap pembelajaran bahasa Indonesia biasanya menunjukan sikap kurang memperhatikan dan bersikap tidak peduli dalam aktivitas pembelajaran. Kajian dalam penelitian ini terdiri atas 3 rumusan masalah yaitu mengenai (1) Bagaimanakah persepsi siswa terhadap materi pembelajaran bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 2 Jember?, (2) Bagaimanakah persepsi siswa terhadap materi pembelajaran bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 2 Jember?, dan (3) Bagaimanakah persepsi siswa terhadap media pembelajaran bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 2 Jember?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan temuan (1) persepsi siswa terhadap materi pembelajaran, (2) persepsi siswa terhadap metode pembelajaran, dan (3) persepsi siswa terhadap media pembelajaran. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang mendeskrisikan kata-kata tulis dan lisan dari objek yang diamati. Data dalam penelitian ini berupa kalimat-kalimat persepsi peserta didik terhadap materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan media pembelajaran. Di samping itu terdapat data lisan berupa kalimat-kalimat persepsi siswa terhadap materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan media pembelajaran yang diperoleh dari hasil wawancara. Sumber data adalah asal diperolehnya fakta yang dapat dijadikan material untuk menyusun informasi. Sumber data penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Negeri 2 Jember yang berjumlah 35 peserta didik. Sumber data ini dikategorikan kedalam tiga kategori, yaitu peserta didik dengan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Teknik analisis data dalam pengumpulan data penelitian ini adalah angket dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penrikan kesimpulan. Prosedur dalam penelitian ini yaitu ada tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan penyelesaiaan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) persepsi siswa terhadap materi pembelajaran bahasa indonesia ada 3 persepsi yaitu persepsi positif, negatif, dan positif/negatif. Di antara ketiga persepsi tersebut didominasi oleh persepsi positif, (2) persepsi siswa terhadap metode pembelajaran ditemukan tiga persepsi yaitu persepsi positif, negatif, positif/ negatif. Diantara ketiga persepsi tersebut didominasi dengan persepsi positif. (3) persepsi siswa terhadap media pembelajaran ditemukan dua persepsi yaitu persepsi negatif/ negatif, sehingga tidak dapat dikatakan positif atau negatif karena guru hanya bebebrapa kali menggunakan media pembelajaran. Berdasarkan kesimpulan di atas disarankan beberapa hal sebagai berikut : Saran ini ditujuakan kepada peneliti selanjutnya dan guru bahasa Indonesia. saran yang dapat diberikan untuk peneliti selanjutnya penelitian ini terbatas hanya tentang persepsi terhadap materi, metode, dan media pembelajaran bahasa Indonesia. Peneliti belum melakukan penelitian tentang hubungan antara persepsi siswa dengan minat belajar bahasa Indonesia. Bagi guru bahasa Indonesia perlu adanya perhatian khusus tentang adanya persepsi negatif untuk digunakan sebagai sarana membenahi pembelajaran.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing I : Dr. Arju Mutiah, M.Pd. Dosen Pembimbing II : Ahmad Syukron, S.Pd.,M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPembelajaran Bahasa Indonesiaen_US
dc.subjectKurikulum Merdekaen_US
dc.titlePersepsi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Jember terhadap Praktik Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Kurikulum Merdekaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Arju Mutiah M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ahmad Syukron S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorkacung-11-Mei-2023en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nisa Nur Aini _190210402029.pdf
  Until 2028-05-08
7.48 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools