Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116184
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWildana, Afinda Abdi-
dc.date.accessioned2023-05-16T08:05:55Z-
dc.date.available2023-05-16T08:05:55Z-
dc.date.issued2023-04-05-
dc.identifier.nim190210104038en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116184-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 16 Mei 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractIPA dibangun atas dasar produk ilmiah, proses ilmiah dan sikap ilmiah. Pembelajaran IPA ialah kegiatan belajar mengajar yang terjadi antara guru dan siswa yang mempelajari tentang suatu fenomena untuk menghasilkan produk melalui proses ilmiah. Pembelajaran sendiri diartikan sebagai proses hubungan yang melibatkan komponen pendidik, siswa, dan sumber belajar yang berlangsung dalam lingkungan belajar. Pembelajaran IPA yang menerapkan konsep literasi sains dapat menciptakan siswa berkualitas di era modern ini. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, keefektifan modul berbasis STEM dalam bentuk flipbook digital pada materi sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP. Dalam hal ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (R&D). Penelitian yang dilakukan menerapkan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas tahap analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (develop), implementasi (implement), dan evaluasi (evaluate). Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen lembar validasi, instrumen lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, instrumen tes, dan instrumen lembar angket respon siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik persentase untuk mengetahui validitas modul flipbook digital yang dikembangkan, teknik persentase untuk mengetahui kepraktisan modul flipbook digital yang dikembangkan, teknik persentase untuk mengetahui kemampuan literais sains siswa melalui tes dan diukur menggunakan rumus N-gain, serta teknik persentase untuk mengetahui respon siswa setelah menggunakan modul flipbook digital yang dikembangkan. Dengan demikian data yang diperoleh yaitu validitas, keterlaksanaan pembelajaran, nilai pre-test dan postest, dan hasil respon siswa. Hasil yang diperoleh dari pengembangan modul flipbook digital yaitu, dari perhitungan hasil validasi ketiga validator sebesar 88,37% termasuk dalam kriteria sangat valid. Setelah itu dilakukan uji coba produk dari hasil pengembangan di SMPN 6 Jember kelas VIII F sebanyak tiga kali pertemuan untuk mengetahui produk hasil pengembangan dapat dikatakan praktis dan efektif. Hasil kepraktisan dari keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan modul flipbook digital sebesar 91.90% termasuk dalam kriteria sangat baik sehingga dapat dikatakan terlaksana dengan sangat baik. Hasil keefektifan produk modul flipbook digital dilihat dari hasil nilai pre-test dan post-test mengukur kemampuan literasi sains menunjukkan peningkatan dengan nilai N-gain sebesar 0,64 yang termasuk dalam kriteria sedang. Dengan demikian hasil pembelajaran dengan menggunakan modul berbasis STEM dalam bentuk flipbook digital pada materi sistem pencernaan termasuk efektif dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu validitas modul berbasis STEM dalam bentuk flipbook digital pada materi sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP termasuk dalam kriteria sangat valid yang artinya produk dapat digunakan untuk proses kegiatan pembelajaran. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan modul berbasis STEM dalam bentuk flipbook digital pada materi sistem pencernaan manusia termasuk dalam kriteria sangat baik sehingga produk disebut praktis dapat digunakan sebagai bahan ajar pada proses pembelajaran pada materi sistem pencernaan manusia. Keefektifan modul berbasis STEM dalam bentuk flipbook digital dalam kriteria N-gain sedang. Hasil respon siswa menunjukkan respon sangat positif, artinya mendapat respon baik dari siswa serta produk yang dikembangkan termasuk efektif dan layak digunakan untuk proses kegiatan pembelajaran.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Pramudya Dwi Aristya P, S.Pd., M.Pd. Ph.D. Dosen Pembimbing Anggota : Aris Singgih Budiarso, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectLiterasi Sainsen_US
dc.subjectSistem Pencernaan Manusiaen_US
dc.subjectSTEMen_US
dc.subjectModul Flipbook Digitalen_US
dc.titlePengembangan Modul Berbasis STEM dalam Bentuk Flipbook Digital pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Pramudya Dwi Aristya Putra, S.Pd., M.Pd., Ph.D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Aris Singgih Budiarso, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung.8-Mei-2023en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Afinda Abdi Wildana_190210104038_repository.pdf
  Until 2028-05-05
6.69 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools