Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116182
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Saga, Muhammad Zam Zam Ali | - |
dc.date.accessioned | 2023-05-16T08:02:47Z | - |
dc.date.available | 2023-05-16T08:02:47Z | - |
dc.date.issued | 2023-02-04 | - |
dc.identifier.nim | 170210303029 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116182 | - |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 16 Mei 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Ilmu pengetahuan dan tekhnologi telah berkembang pesat saat ini. Era perkembangan teknologi yang sangat pesat menuntut manusia agar mampu beradaptasi serta mampu memecahkan persoalan yang dihadapi. Sekolah dan lembaga pendidikan lainnya merupakan tempat dimana siswa dapat belajar sebanyak-banyaknya untuk mempersiapkan kehidupan masa depannya. Untuk belajar, siswa harus menggunakan kemampuan berpikir kreatif mereka untuk menghasilkan ide, mengatasi masalah, untuk kemudian diterapkan pada kehidupan nyata. Tepatnya memilih model pembelajaran memiliki pengaruh terhadap cepatnya mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa pada pembelajaran Geografi. Jenis dari penelitian ini tergolong pada jenis eksperimen. Penelitian eksperimen sendiri memiliki arti jenis penelitian kuantitatif yang bekerja dengan membandingkan satu variabel dengan variabel yang lain atau mengaitkan dua variabel (kelas eksperimen dan control). Desain penelitian Post-test Only Control Design digunakan dalam penelitian ini. Alasan memilihan desain tersebut adalah adanya tingkat validasi yang lebih tinggi karena memiliki keacakan dan juga kontrol, tidak ada pengukuran pertama dan kedua karena tidak dilaksanakan pre-test. Dua kelas dalam penelitian ini berperan sebagai sampel. Kelas XI IPS 2 menjadi kelas Ekperimen dan XI IPS 3 menjadi kelas kontrol dengan melibatkan populasi. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi “Mitigasi Bencana Alam” diperoleh dari hasil pemberian post-test yang dilakukan oleh peneliti pada kedua kelas yang menjadi sampel penelitian. Pemberian post-test mendapatkan jumlah nilai seluruh siswa pada 2 kelas yakni kelas ekperimen dengan jumlah nilai sebesar 2673, rata-rata nilai sebesar 78,61 serta memiliki predikat berpikir kreatif tinggi. Kelas kontrol memiliki nilai 1967 dengan rata-rata nilai sebesar 60 serta memiliki predikan berpikir kreatif sedang. Selanjutnya melakukanlah uji normalitas dan memperoleh nilai dari metode OneSample Kolmogorov-Smirnov Test menunjukan dari hasil Asymp. Sig. (2-tailed) pada kelas ekperimen yakni 0,057 dan hasil padal kelas kontrol menunjukan angka 0,065. Hasil yang diperoleh selanjutnya ditarik simpulkan yang mana hasil posttest dari kemampuan berpikir kreatif dapat terdistribusi dengan normal. Selanjutnya uji T-test dilakukan dengan menggunakan Independent Smaples Test dan didapatkan pada kolom sig. (2-tailed) menunjukan angka 0,000 yang mana angka tersebut lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil tersebut menunjukan hasil posttest kemampuan berpikir kreatif siswa dapat memiliki pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini memperoleh kesimpulan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah mampu mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif siswa. Sehingga model pembelajaran ini dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif para siswa. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Prof. Dr. Sri Astutik, M.Si. Dosen Pembimbing Anggota : Bejo Apriyanto, S.Pd., M. Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Berpikir Kreatif | en_US |
dc.subject | Model, Problem Based Learning | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Geografi | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Geografi | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Geografi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr. Sri Astutik, M.Si. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Bejo Apriyanto, S.Pd., M. Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | kacung-11-Mei-2023 | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Muhammad Zam Zam Ali Saga-Pendidikan Geografi.pdf Until 2028-05-28 | 3.25 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools