Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115963
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWATI, Dewi Sinta-
dc.date.accessioned2023-05-09T07:21:28Z-
dc.date.available2023-05-09T07:21:28Z-
dc.date.issued2023-01-20-
dc.identifier.nim180210204078en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115963-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 9 Mei 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractBahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan anggota masyarakat ketika menginginkan untuk saling berkomunikasi. Sebagai makhluk sosial, manusia selalu melakukan komunikasi dengan sesamanya. Pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan siswa dalam berbahasa baik dalam bentuk lisan maupun tulis menggunakan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Dalam praktik di lapangan, pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar masih banyak dijumpai ketidaksesuaian dan penyimpangan antara penggunaan bahasa tulis siswa dengan kaidah bahasa Indonesia. Kesalahan berbahasa adalah penyimpangan berbahasa yang tidak sesuai dengan sistem. Kesalahan berbahasa yang dibuat oleh siswa dalam suatu proses pembelajaran menunjukkan tujuan pembelajaran itu belum tercapai. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah jenis-jenis kesalahan penulisan huruf kapital dan pemilihan kata dalam menulis kembali cerita nonfiksi menggunakan bahasa sendiri siswa kelas IV B SDN Klompangan 02 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022?; 2) Apakah faktor penyebab kesalahan penulisan huruf kapital dan pemilihan kata dalam menulis kembali cerita nonfiksi menggunakan bahasa sendiri siswa kelas IV B SDN Klompangan 02 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan penulisan huruf kapital dan pemilihan kata dalam menulis kembali cerita nonfiksi menggunakan bahasa sendiri siswa kelas IV B SDN Klompangan 02 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022, 2) Untuk mengetahui faktor penyebab kesalahan penulisan huruf kapital dan pemilihan kata dalam menulis kembali cerita nonfiksi menggunakan Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yaitu siswa kelas IV B SDN Klompangan 02 Jember. Data yang diambil melalui dokumentasi hasil penulisan siswa serta data diri siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari tiga proses, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dan pembahasan menunjukkan kesalahan penulisan huruf kapital dan pemilihan kata dalam menulis kembali teks nonfiksi pada siswa kelas IV B SDN Klompangan 02 Jember masih sering dilakukan oleh siswa. Kemampuan menulis dengan menerapkan kaidah penulisan huruf kapital dan pemilihan kata secara tepat dari hasil tulisan siswa dalam menulis kembali teks nonfiksi sangat bervariasi. Kesalahan yang dilakukan siswa dapat mengganggu tercapainya pembelajaran. Dalam aktivitas menulis tentu tidak luput dari kesalahan berbahasa. Kesalahan berbahasa yang dibuat oleh siswa harus dikurangi sampai ke batas sekecil-kecilnya. Jika memungkinkan dapat dihilangkan sehingga tidak menjadi penghambat peningkatan pengetahuan siswa terhadap kaidah bahasa yang sedang dipelajari. Oleh karena itu, perlu diketahui faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan berbahasa. Kesimpulannya adalah terdapat jenis-jenis kesalahan penulisan huruf kapital dan pemilihan kata dalam menulis kembali cerita nonfiksi terdapat dua kesalahan yaitu: (1) Kesalahan penulisan huruf kapital pada judul karangan, (2) Kesalahan penulisan huruf kapital pada isi karangan, (3) Kesalahan pemilihan kata penggunaan kata baku/nonbaku. Prosentase yang terdapat pada kesalahan penulisan huruf kapital (KPHK) tergolong ke dalam kategori kesalahan sedang dengan perolehan prosentase sebesar 43,53%. Kesalahan penggunaan bahasa baku/nonbaku pada penulisan kembali teks nonfiksi siswa kelas IV B SDN Klompangan 02 Jember termasuk ke dalam kategori rendah dengan perolehan prosentase 28,46%. Faktor penyebab kesalahan penulisan huruf kapital dan pemilihan kata dalam menulis kembali teks non fiksi menggunakan bahasa sendiri kelas IV B SDN Klompangan 02 Jember masih sering dilakukan oleh siswa. Penyebab terjadinya kesalahan tersebut diantaranya: (1) terpengaruh oleh bahasa daerah atau bahasa ibu, (2) kurang peduli akan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, (3) rendahnya minat belajar siswa, (4) kurangnya pemahaman siswa mengenai aturan penulisan huruf kapital dan pemilihan kata, dan (5) kurangnya perhatian dari orang tua.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing 1 : Drs. Hari Satrijono, M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Fitria Kurniasih, S.TP., MA.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKESALAHAN PENULISAN HURUF KAPITALen_US
dc.subjectPEMILIHAN KATAen_US
dc.subjectMENULIS KEMBALIen_US
dc.titleKesalahan Penulisan Huruf Kapital dan Pemilihan Kata dalam Menulis Kembali Teks Nonfiksi Tema 7 Subtema 1 Kelas IV B SDN Klompangan 02 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Hari Satrijono, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Fitria Kurniasih, S.TP., M.Aen_US
dc.identifier.validatorKacung-7 Februari 2023en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2028-02-07
5.67 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools