Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115901
Title: Perlindungan Hukum Terhadap Hilangnya Saldo Tabungan Nasabah PT. Bank BRI (Persero) Tbk. Akibat Kartu ATM yang Tersangkut Mesin ATM (Studi Putusan No. 7/Pdt.G.S/2020/PN Bna)
Authors: PUTRI, Citra Pramayzela Arinda
Keywords: Perlindungan Hukum
PT. Bank BRI
Nasabah
Issue Date: 9-Jan-2023
Publisher: Fakultas Hukum
Abstract: Berkembangnya ilmu dan teknologi di era globalisasi juga terjadi di sistem perbankan. Hal tersebut mengharuskan pihak bank untuk lebih efektif dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat guna mendapatkan kepercayaan penuh untuk menerima simpanan dana dari masyarakat. Untuk mempermudah transaksi perbankan, pihak bank memberikan sebuah produk yang berupa kartu ATM. Kartu ATM membantu nasabah untuk melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun yang diinginkan. Oleh sebab itu, penggunaan kartu ATM sudah lumrah di kalangan masyarakat. Namun, sering terjadi kendala pada saat nasabah melakukan transaksi melalui mesin ATM seperti pada Putusan Pengadilan Negeri No. 7/Pdt.G.S/2020/PN Bna, dimana mesin ATM yang tiba-tiba mati dan menelan kartu ATM milik nasabah. Kemudian, terjadi peraikan dana dari kartu ATM tersebut tanpa diketaui oleh nasabah pemilik kartu ATM yang menimbulkan kerugian terhadap nasabah. Nasabah yang merasa dirugikan kemudian meminta pertanggung jawaban terhadap pihak bank, namun pihak bank tidak dapat memberikan solusi dari permasalah tersebut. Berdasarkan uraian tersebut, penulis tertarik melakukan kajian dan pembahasan lebih lanjut dalam karya tulis ilmiah yang berbentuk skripsi dengan judul Perlindungan Hukum Terhadap Hilangnya Saldo Tabungan Nasabah PT. Bank BRI (Persero) Tbk. Akibat Kartu ATM yang Tersangkut Mesin ATM (Studi Putusan No 7/Pdt.G.S/2020/PN Bna) Berdasarkan latar belakang tersebut, permasalahan yang timbul yaitu pertama, apa bentuk perlindungan hukum terhadap hilangnya saldo tabungan nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) akibat kartu ATM yang tertelan mesin ATM. Kedua, apa upaya penyelesaian atas hilangnya saldo tabungan nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri No. 7/Pdt.G.S/2020/PN Bna. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam memperoleh gelar Sarjana Hukum di Universitas Jember, mengetahui bentuk perlindungan hukum bagi nasabah Bank BRI akibat kartu ATM yang tertelan mesin ATM dan memahami upaya penyelesaian dari bentuk perlindungan hukum bagi hilangnya saldo tabungan nasabah berdasarkan Putusan No. 7/Pdt.G.S/2020/PN Bna. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini yaitu yuridis normatif yang dilakukan dengan mengkaji kaidah-kaidah atau norma-norma hukum yang berlaku. Pendekatan masalah yang digynakan dalam penyusunan skripsi ini yaitu pendekatan Undang-Undang dan Pendekatan Konseptual. Dalam penelitian ini, penulis akan menggunakan pendekatan tersebut untuk menganalisis dan memecahkan isu yang dihadapi. Bahan hukum yang digunakan penulis adalah bahan hukum primer dan sekunder. Hasil pembahasan dari skripsi ini adalah pertama, Bank BRI memberikan produk dan jasa kepada nasabah akan tetapi Bank BRI tidak melakukan kewajibannya dalam memberikan keamanan terhadap produk tersebut sebagai pelaku usaha. Sehingga menimbulkan kerugian yang nyata bagi nasabah berupa hilangnya saldo tabungan. Berdasarkan Pasal 4 UUPK terdapat 2 Pasal tentang hak konsumen yang dilanggar pelaku usaha yakni: Pasal 4 huruf a hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa Pasal 4 huruf c hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa. Kedua, dalam Putusan No. 7/Pdt.G.S/2020/PN Bna, perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh Bank BRI selaku pelaku usaha adalah tidak segera merespon laporan nasabah yang mengalami kerugian atas hilangnya saldo tabungan akibat kartu ATM yang tertelan mesin ATM dan kurangnya proteksi keamanan dari mesin ATM. Kesimpulan dari skripsi ini adalah pertama, Bank BRI harus bertanggung jawab atas kerugian yang dialami nasabah atas hilangnya saldo tabungan akibat kurangnya proteksi pada mesin ATM dikarenakan konsumen berhak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/jasa dan mendapatkan kompensasi. Kedua, upaya penyelesaian yang dapat dilakukan oleh nasabah terhadap Bank BRI akibat hilangnya saldo tabungan dikarenakan kartu ATM yang tertelan mesin ATM dapat diselesaikan melalui jalur litigasi maupun non-litigasi. Saran dari skripsi ini adalah Pertama, bagi pihak Bank BRI harusnya menjaga proteksi keamanan dari produk yang disediakan agar tidak menyebabkan kerugian yang dialami nasabah. Kedua, Bank Bri harusnya langsung merespon adanya laporan nasabah yang kartu ATMnya tertelan mesin ATM demi mecegah kehilangan saldo tabungan milik nasabah. Ketiga, nasabah harus lebih berhati-hati lagi dalam melakukan transaksi melalui mesin ATM.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 8 Mei 2023_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115901
Appears in Collections:UT-Faculty of Law

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2028-01-30
777.92 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools