Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115859| Title: | Perbandingan Kinerja Antara Sistem Struktur Dinding Geser dengan Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (Studi Kasus : Gedung Pendidikan PKN STAN, Tangerang Selatan) |
| Authors: | ARTANSYAH, Maulana Safira Rafli |
| Keywords: | GEDUNG PENDIDIKAN |
| Issue Date: | 12-Jan-2023 |
| Publisher: | Fakultas Teknik |
| Abstract: | Gedung Pendidikan merupakan salah satu objek vital dalam peradaban manusia. Sehingga perencanaan pembangunan gedung tersebut harus direncanakan sebagai bangunan tahan gempa. Salah satu parameter bangunan tahan gempa adalah besar simpangan yang terjadi. Besar simpangan dapat menjadi tolak ukur dalam menggambarkan besarnya gaya-gaya dalam yang terjadi pada struktur tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perilaku struktur SRPMK dan membandingkan kinerja struktur sistem ganda dan SRPMK. Desain 1 adalah Sistem Dinding Geser dan SRPMM. Desain 2 adalah SRPMK yang berdasarkan modifikasi struktur pada desain 1. Desain bangunan anti gempa menggunakan metode respons spektrum. Hasil analisis menunjukkan bahwa SRPMK menghasilkan rasio berat struktur 1 : 0,61, rasio displacement dan rasio story drift arah X sebesar 1 : 1,23; 1 : 0,92 dan arah Y sebesar 1 : 0,78; 1 : 0,59 dibandingkan sistem ganda. Rasio berat dan kinerja struktur menunjukkan adanya ketidakseimbangan kinerja yang dihasilkan. Dengan penambahan berat struktur sebesar 39% pada SRPMK menghasilkan pengurangan nilai displacement sebesar 23% pada arah X dan peningkatan nilai displacement sebesar 8% pada arah Y. Kemudian menghasilkan peningkatan nilai story drift sebesar 22% pada arah X dan sebesar 41% pada arah Y. |
| URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115859 |
| Appears in Collections: | UT-Faculty of Engineering |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| 191910301078_Maulana Safira Rafli Artansyah_Tugas Akhir.pdf Until 2028-03-16 | 3.07 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools