Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115852
Title: Pengembangan E-modul Pelajaran IPA Interaktif Berbasis Google Sites tentang Listrik Statis dan Dinamis untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Keterampilan berpikir Kreatif Siswa MTs
Authors: RATNAWATI, Sulik
Keywords: E-MODUL PELAJARAN IPA
Issue Date: 13-Jan-2023
Publisher: Fakulta Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: RINGKASAN Pengembangan E-modul Pelajaran IPA Interaktif Berbasis Google Sites tentang Listrik Statis dan Dinamis untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Keterampilan berpikir Kreatif Siswa MTs; Sulik Ratnawati; 200220104011; 2022; 113 halaman; Program Studi Magister Pendidikan IPA; Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Segala usaha dilakukan bertujuan untuk memberi dampak positif terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Salah satunya yaitu perkembangan kurikulum di Indonesia yang sudah mengalami perkembangan sejak tahun 1945 hingga kurikulum 2013 revisi. Dalam Peraturan Menteri pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah menyebutkan bahwa salah satu tujuan kurikulum 2013 adalah menuntut siswa untuk terampil berpikir kreatif dan bersikap ilmiah. Keterampilan berpikir kreatif dikategorikan sebagai Keterampilan berpikir tingkat tinggi, kelancaran (Fluency), keluwesan (Fleksibility), keorisinalan (Orisinality), elaborasi, dan evaluasi, adalah indikator yang dapat mengembangkan sikap dan kemampuan siswa untuk menghadapi persoalan-persoalan di masa mendatang dengan cara kreatif. Sikap ilmiah merupakan langkah-langkah yang dilakukan saat melakukan kegiatan ilmiah. Sikap ilmiah juga merupakan tindakan dan perilaku dalam pemecahan masalah secara sistimatis menggunakan langkah-langkah ilmiah, rasa ingin tahu, cermat, interes, gigih, minat pada hasil merupakan indicator dari sikap ilmiah yang sangat penting untuk dikembangkan. Perlu inovasi baru dalam pembuatan media pembelajaran sesuai dengan perkembangan teknologi agar pembelajaran lebih hidup dan mengena pada tujuan pembelajaran serta mampu meningkatkan keterampilan berpikir kraetif dan sikap ilmiah siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan e-modul elektronik berbasis google sites pelajaran IPA materi Listrik statis dan dinamis untuk meningkatkan sikap ilmiah dan keterampilan berpikir kreatif siswa MTs, dengan menggunakan model pengembangan Addie (2007) yang terdiri atas, analisis, desain, develop, implement dan evaluation. Validitas dilakukan oleh 2 validator ahli dan 1 validator praktisi atau guru SMP. Kepraktisan e-modul diketahui dari skor hasil keterlaksanaan, keterbacaan dan respon siswa dan guru setelah pembelajaran. Efektifitas e-modul diketahui dari hasil pretest dan posttest juga perbandingan nilai pretest dan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan, e-modul interaktif dinyatakan sangat valid secara logis dengan skor rata-rata yaitu sebesar 78 %. Hal ini didasarkan atas penilaian dari 2 orang validator ahli (dosen) dan 1 orang validator selaku praktisi (guru IPA SMP) yang menyatakan buku ajar yang dikembangkan valid/layak secara isi, penyajian, kebahasaan, kegrafikan dan pengembangan. E-modul interaktif yang dikembangkan ini dinyatakan sangat praktis dilihat dari rata-rata persentase skor pada keseluruhan tahap uji keterlaksanaan pembelajaran yang menunjukkan hasil sebesar 89,15%. Selain itu, kepraktisan E-modul interaktif ini juga didukung dari hasil analisis keterbacaan yang menunjukkan rata-rata skor pada semua tahap uji sebesar 84,6% yang berarti dalam kategori mudah dan bisa mendukung kepraktisan. E-modul interaktif dinyatakan sangat efektif meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan efektif meningkatkan sikap ilmiah siswa MTs. Hal ini dilihat dari perolehan rata-rata gain score tes kemampuan berpikir kreatif pada seluruh tahap uji sebesar 0, 75 yang berarti dalam kategori tinggi pada kelas eksperimen dan 0,66 pada kelas kontrol yang berarti dalam kategori sedang. Sedangkan sikap ilmiah meningkat dari dari awal pertemuan rata-rata skor 60 dengan kriteria ilmiah menjadi rata-rata skor 79 yang juga kategori ilmiah, sedangkan pada listrik dinamis sikap ilmiah meningkat pada awal pertemuan dengan rata-rata skor 69 dan pada akhir pertemuan rata-rata skor 81 dengan kriteria sangat ilmiah. dari data dan analisis data terbukti e-modul yang dikembangkan dalam penelitian ini valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan sikap ilmiah dan keterampilan berpikir kreatif siswa MTs.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115852
Appears in Collections:MT-Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tesis_E_modul_Sulik_Ratnawati.pdf
  Until 2028-01-13
2.65 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.