Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115835
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | UMAMI, Anggi Nabilla | - |
dc.date.accessioned | 2023-05-04T03:50:08Z | - |
dc.date.available | 2023-05-04T03:50:08Z | - |
dc.date.issued | 2023-01-13 | - |
dc.identifier.nim | 180210101087 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115835 | - |
dc.description.abstract | Setiap siswa penting memiliki kemampuan berpikir kritis karena kemampuan ini memungkinkan mereka untuk menguasai kemampuan kuantitatif lainnya. Problem With Contradiction Information (PWCI) yaitu permaslaahan yang memuat informasi kontradiksi merupakan salah satu permasalahan yang dapat membantu melatih berpikir kritis. Setiap siswa memiliki karakteristiknya masing-masing, hal tersebut juga berpengaruh dalam berkpikir kritisnya. Salah satu cara mengidentifikasi tipe kepribadian seseorang adalah dengan Myers Briggs Type Indicator (MBTI), dimana manusia digolongkan berdasarkan beberapa perspektif, seperti cara memahami dan memperoleh informasi (Sennsing-Intuition), serta cara menarik kesimpulan dan keputusan (Thinking-Feeling). Hal tersebut yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa berkepribadian sensing, intuition, thinking dan feeling. Delapan siswa SMA Negeri Arjasa yang masing-masing terdiri atas 2 siswa berkepribadian sensing, intuition, thinking dan feeling menjadi subjek dalam penelitian ini. Penelitian deskriptif ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertempat di, dengan. Tes dan wawancara digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Analisis hasil tes, wawancara dan triangulasi adalah teknik analisis yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa setiap siswa memiliki karakteristiknya yang berbeda dalam menyelesaikan masalah. Hasil tes berpikir kritis menunjukkan walaupun tidak ada siswa memenuhi semua indikator berpikir kritis, terdapat siswa yang menemukan informasi kontradiksi dalam soal. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | BERPIKIR KRITIS | en_US |
dc.subject | PROBLEM WITH CONTRADICTION INFORMATION | en_US |
dc.title | Berpikir Kritis Siswa Berkepribadian Sensing, Intuition, Thinking, Feeling dalam Menyelesaikan Masalah dengan Informasi Kontradiksi Materi Bilangan Berpangkat | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Matematika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Dian Kurniati, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Randi Pratama Murtikusuma, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.finalization | Finalisasi tanggal 4 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyah | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
(Anggi Nabilla) Draf Skripsi revisi print.pdf Until 2028-01-31 | 5.14 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools