Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115834
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSYIFAK, Mohamad-
dc.date.accessioned2023-05-04T03:48:14Z-
dc.date.available2023-05-04T03:48:14Z-
dc.date.issued2023-03-13-
dc.identifier.nim190210102061en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115834-
dc.description.abstractPembelajaran merupakan proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan dari segala aspek, baik dalam sikap, pengetahuan dan keterampilan. Berdasarkan data pusmenjar pada tahun 2019 hasil ujian nasional pada mata pelajaran fisika sebesar 46,47. Perubahan model pembelajaran diperlukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Contextual teaching and learning (CTL) adalah salah satu model yang sesuai dengan permasalahan tersebut karena guru menghadirkan dunia nyata kedalam kelas serta mendorong siswa membuat hubungan dan keterkaitan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapan dan fungsinya dalam kehidupan sehari-hari sehingga siswa diharapkan lebih memahami materi yang dipelajari. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengkaji pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media e-learning google classroom terhadap hasil belajar fisika siswa SMA serta mendeskripsikan respon siswa setelah pembelajaran dengan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media e-learning google classroom. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan true experimental design yang dilaksanakan di SMAN 11 Kota Jambi dengan sampel kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 semester ganjil tahun 2022/2023. Penentuan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan post-test only control grup design dengan soal sebanyak 10 butir. Pengumpulan data pendukung dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan uji hipotesis. Hasil belajar yang diukur dalam penelitian ini yaitu pada ranah kognitif. Nilai ranah kognitif diperoleh berdasarkan hasil tes (post-test) kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dengan berbantuan media e-learning google classroom memiliki nilai rata-rata hasil belajar yang lebih baik dari pada kelas kontrol yaitu nilai ranah kognitif 87,7 dan untuk kelas kontrol nilai ranah kognitif 80,5. Hasil pengujian dengan menggunakan uji Mann Whiteney U Test diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,024, nilai tersebut kurang dari 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media e-learning google classroom terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Aspek yang dinilai pada angket respon siswa terdiri dari 10 indikator dengan presentase nilai yang berbeda, meliputi pemahaman materi 87%, rasa tidak jenuh 76%, rasa tidak sulit 80%, rasa ingin tahu 83%, rasa tidak menekan 82%, ketertarikan 82%, rasa senang 84%, rasa percaya diri 81%, menanggapi pertanyaan 84%, dan kepuasan 82%. Model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan e-learning google classroom dapat menjadi alternatif untuk guru dalam mengajar dikelas karena siswa menganalisis peristiwa yang ada disekitar tempat tinggal untuk dikaitkan dengan materi pembelajaran disekolah membuat siswa lebih aktif dan semangat dalam belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil data yang diperoleh disimpulkan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media e-learning google classroom berpengaruh pada hasil belajar siswa fisika SMAN 11 Kota Jambi pada materi suhu dan kalor. Model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media e-learning google classroom memperoleh respon yang positif dari siswa SMAN 11 Kota Jambi.en_US
dc.description.sponsorshipDrs. Subiki, M.Kes Lailatul Nuraini, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMohamad Syifaken_US
dc.subjectHASIL BELAJAR FISIKA SMAen_US
dc.subjectGOOGLE CLASSROOMen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media E-Learning Google Classroom terhadap Hasil Belajar Fisika Materi Suhu dan Kalor pada Siswa SMAN 11 Kota Jambien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Subiki, M. Kesen_US
dc.identifier.pembimbing2Lailatul Nuraini, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi tanggal 4 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Mohamad Syifak_190210102061.pdf
  Until 2028-03-13
2.75 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools