Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115820
Title: Rrtorika Tuturan Motivasi dalam Program “Menganalisa” di Kanal YouTube Analisa Widyaningrum
Authors: FEBRIANTI, Sindyla
Keywords: RROTORIKA
PENGEMBANGAN TUTURAN
Issue Date: 24-Jan-2023
Publisher: Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tuturan motivasi seorang motivator yang bernama Analisa Widyaningrum dalam program “MengAnalisa” di kanal YouTube. Permasalahan yang diteliti adalah pola pengembangan tuturan motivasi Analisa Widyaningrum pada saat beretorika dan strategi retorika yang digunakan oleh Analisa Widyaningrum. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, teknik simak dan transkrip data Sumber data pada penelitian adalah video motivasi dalam program “MengAnalisa” di kanal YouTube milik AW pada periode Juli - Agustus 2021 dengan video yang berjumlah 5 video dengan durasi kurang lebih 10 menit. Adapun data penelitian berupa tuturan AW yang tergolong dalam struktur atau pola pengembangan tuturan motivasi dan penggunaan diksi serta bahasa gaul dari motivator yang bernama Analisa Widyaningrum dalam program “MengAnalisa” di kanal YouTube. Analisis data yang digunakan terdiri tiga langkah kerja, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berupa lima pola pengembangan tuturan motivasi yang dilakukan oleh Analisa Widyaningrum. Strategi retorika tuturan motivasi yang dilakukan oleh Analisa Widyaningrum berupa penggunaan diksi makna konotatif, kata umum, kata khusus, kata populer, kata ilmiah, kata baku,dan kata tidak baku serta penggunaan bahasa gaul.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115820
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2028-05-04
1.11 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
doc.pdf
  Until 2028-05-04
1.11 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools