Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115798
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMUBAROKHAH, Nur Lailatull-
dc.date.accessioned2023-05-03T07:43:03Z-
dc.date.available2023-05-03T07:43:03Z-
dc.date.issued2023-01-18-
dc.identifier.nim190210102029en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115798-
dc.description.abstractPeran guru sangat diperlukan dalam menggunakan model, media, dan strategi pembelajaran yang menarik dan bervariasi untuk menjadikan suasana kelas hidup dan menumbuhkan semangat peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara guru fisika di SMAN 1 Prambon diperoleh informasi bahwa dalam pembelajaran fisika menggunakan metode ceramah dan latihan soal saja. Selain itu, kegiatan praktikum fisika jarang dilakukan karena alat yang dimiliki terbatas, dan ketidaksiapan guru dalam menggunakan laboratorium yang sudah ada. Model pembelajaran learning cycle 7E ini siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran. Keterbatasan alat laboratorium dapat diatasi dengan menggunakan media PhET Simulation. Tujuan penelitian ini ada tiga, pertama adalah mengkaji pengaruh penerapan model learning cycle 7E berbasis PhET Simulation terhadap hasil belajar fisika pokok bahasan elastisitas dan hukum hooke siswa SMA. Tujuan kedua adalah mengkaji pengaruh penerapan model learning cycle 7E berbasis PhET Simulation terhadap keterampilan proses sains siswa pokok bahasan elastisitas dan hukum hooke. Tujuan ketiga yaitu mendeskripsikan respon siswa setelah penggunaan model learning cycle 7E berbasis PhET Simulation pokok bahasan elastisitas dan hukum hooke. Jenis penelitian ini adalah True experimental yang dilakukan pada semester ganjil di SMAN 1 Prambon. Desain penelitian ini yaitu pretest-posttest control group design. Sampel ditentukan menggunakan uji homogenitas dengan menggunakan cluster random sampling dan diperoleh hasil yaitu kelas XI-MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari tes berupa pretest dan posttest pada kedua kelas.Sedangkan data keterampilan proses sains diperoleh dari lembar observasi dari kedua kelas. Data respon siswa diperoleh dari nilai angket respon siswa pada kelas eksperimen. Metode analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Test untuk data yang terdistribusi normal dan uji Mann-Whitney U-Test untuk data yang tidak terdistribusi normal dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian mengenai pengaruh penerapan model learning cycle 7E berbasis PhET Simulation terhadap hasil belajar menggunakan pretest dan posttest diperoleh perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Nilai rata-rata hasil belajar posttest kelas eksperimen lebih tingi daripada kelas kontrol yaitu sebesar 70 > 47. Hasil analisis data hasil belajar siswa menggunakan uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 ≤ 0,05. Berdasarkan pada dasar pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh signifikan model pembelajaran learning cycle 7E berbasis PhET Simulation terhadap hasil belajar fisika siswa. Hasil penelitian mengenai pengaruh penerapan model learning cycle 7E berbasis PhET Simulation terhadap keterampilan proses sains dengan menggunakan lembar observasi. Nilai presentase rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 74,68% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 59,52%. Hasil analisis data keterampilan proses sains menggunakan uji Mann-Whitney U-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,004 ≤ 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran learning cycle 7E berbasis PhET Simulation terhadap keterampilan proses sains. Hasil penelitian terkait respon siswa setelah penggunaan model learning cycle 7E berbasis PhET Simulation menggunakan angket respon di kelas eksperimen. Berdasarkan hasil data diperoleh presentase rata-rata respon sebesar 82,06% dengan kriteria sangat baik. Hasil tersebut membuktikan ketertarikan dan kemudahan siswa dalam menggunakan PhET Simulation untuk kegiatan praktikum yang dapat meningkatkan antusian belajar dalam pembelajaran fisika.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama: Drs. Subiki, M.Kes. Dosen Pembimbing Anggota: Dr. Sri Handono Budi Prastowo, M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPHET SIMULATIONen_US
dc.subjectMODEL LEARNING CYCLE 7Een_US
dc.subjectKETERAMPILAN PROSES SAINSen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Model Learning Cycle 7E Berbasis Phet Simulation terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa Sma Pokok Bahasan Elastisitas dan Hukum Hookeen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Subiki, M.Kes.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Sri Handono Budi Prastowo, M.Si.en_US
dc.identifier.validatorFinalisasi tanggal 3 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi tanggal 3 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Nur Lailatull Mubarokhah_FKIP.pdf
  Until 2028-01-18
5.99 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools