Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115782
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorLATIFA, Nur-
dc.date.accessioned2023-05-03T07:38:46Z-
dc.date.available2023-05-03T07:38:46Z-
dc.date.issued2022-12-01-
dc.identifier.nim180210302068en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115782-
dc.description.abstractpembelajaran yang akan digunakan, sehingga optimalisasinya dapat membantu pendidik mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan quasi experimental dengan model pretest-posttest, non-equivalent control-group design. Sampel terdiri dari 72 peserta didik pada kelas XII MIPA 3 dan XII MIPA 4 di SMAN 4 Sidoarjo. Metode penelitian menggunakan dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji ANCOVA berbantuan software SPSS 25 for windows. Hasil penelitian memperoleh : 1) hasil uji ANCOVA menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05 pada data kemampuan berpikir kritis, yang berarti memperlihatkan adanya pengaruh yang signifikan penerapan model REACT terhadap kemampuan berpikir kritis dan nilai dari partial eta squared sebesar 0,429 tergolong ada pengaruh yang besar penerapan model REACT terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik; 2) hasil uji ANCOVA pada data hasil belajar menunjukkan nilai sig. 0,018< 0,05, yang berarti memperlihatkan adanya pengaruh yang signifikan penerapan model REACT terhadap hasil belajar dan nilai partial eta squared sebesar 0,079 tergolong ada pengaruh yang kecil penerapan model REACT terhadap hasil belajar peserta didik; Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kritis yang dibelajarkan dengan menerapkan model REACT pada mata pelajaran sejarah; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar yang dibelajarkan dengan menerapkan model REACT pada mata pelajaran sejarah. Rekomendasi penelitian ini adala penerapan model REACT diharapkan memperhatikan manajemen waktu sehingga pelaksanaan pembelajaran berjalan dapat sesuai dengan rancangan pembelajaran yang telah dibuat, model REACT diharapkan menjadi referensi untuk meningkatkan pemahaman suatu konsep serta kemampuan berpikir kritis, melatih kreatifitas dan argumentasi, sehingga dapat juga mengoptimalkan hasil belajar yang lebih baik pada peserta didik.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Nurul Umamah, M.Pd Drs. Marjono, M.Humen_US
dc.language.isoenen_US
dc.subjectMODEL REACTen_US
dc.subjectBERPIKIR KRITISen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePengaruh Model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (React) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarahen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Sejarahen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nurul Umamah, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Marjono, M.Humen_US
dc.identifier.validatorFinalisasi tanggal 3 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi tanggal 3 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nur latifa_skripsi.pdf
  Until 2028-03-16
2.94 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools