Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115722
Title: Analisis Kesalahan Fong Siswa Tipe Reflektif dalam Penyelesaian Transformasi Geometeri
Authors: NABILAH, Ainun
Keywords: ANALISIS KESALAHAN FONG
GAYA KOGNITIF REFLEKTIF
TRANSFORMASI GEOMETRI
Issue Date: 27-Jan-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Masalah merupakan bagian dari kehidupan baik bersumber dari dalam diri maupun lingkungan. Pada pembelajaran matematika, siswa banyak mengalami kesulitan dalam pemahaman konsep dan penerapan prinsip selama menyelesaikan masalah. Adanya kesulitan ini membuat siswa mengalami kesalahan. Kesalahan yang dibuat oleh siswa dalam penyelesaian masalah matematika dapat dijadikan gambaran mengenai sejauh mana pemahaman siswa atas pokok bahasan tertentu, sehingga analisis kesalahan perlu dilakukan. Terdapat banyak faktor yang mendorong siswa untuk membuat kesalahan dalam proses pemecahan masalah, salah satunya adalah gaya kognitif. Gaya kognitif terbagi menjadi gaya kognitif impulsif dan reflektif. Transformasi geometri merupakan pokok bahasan geometri yang dipelajari di sekolah, akan tetapi, masih banyak siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan masalah transformasi geometri. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa bergaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan masalah transformasi geometri dengan menggunakan analisis kesalahan Fong’s Schematic Model for Error Analysis. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 3 Jember dengan gaya kognitif tipe reflektif yang telah diseleksi. Data dikumpulkan dengan metode tes dan wawancara. Hasilnya, siswa tipe reflektif melakukan kelima kategori kesalahan fong tingkat pertama.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115722
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2028-03-16
3.84 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools