Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115721
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorADITAMA, Darmawan-
dc.date.accessioned2023-05-02T08:08:13Z-
dc.date.available2023-05-02T08:08:13Z-
dc.date.issued2023-02-13-
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115721-
dc.description.abstractPendidikan menjadi pendorong penting bagi perkembangan manusia mulai dari komunikasi, informasi, karakter serta sifatnya. Sumber belajar yang relevan akan mempermudah siswa untuk bisa mengembangkan ilmu pengetahuan di bidangnya masing-masing. Berdasarkan hasil observasi keterbatasan guru dalam menunjang pembelajaran masih banyak kekurangan salah satunya dari segi model pembelajaran yang dilaksanakan di ruang kelas. Upaya dalam meningkatkan pemikiran siswa yang bersifat kreatif dan membuktikan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran SOLE berbasis Scaffolding. Tujuan penelitian adalah mengkaji pengaruh model pembelajaran SOLE berbasis Scaffolding terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar geografi siswa di SMA. Jenis penelitian ini ialah quasi eksperimen. Penelitian ini memakai desain pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan memiliki pengaruh signifikan model pembelajaran SOLE berbasis Scaffolding terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar geografi siswa di SMA. Nilai yang dihasilkan dari uji T-test kemampuan berpikir kreatif memperoleh nilai sig (2-tailed) 0,048 dan 0,047 sedangkan nilai yang dihasilkan dari uji T-test hasil belajar geografi siswa di SMA memperoleh nila sig (2-tailed) 0,000 dan 0,000en_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. Sri Astutik, M.Si Era Iswara Pangastuti, S.Pd., M.Sc Fahmi arif Kurnianto S.Pd., M.Pd Bejo Apriyanto S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isoen_USen_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN SOLEen_US
dc.subjectMETODE SCAFFOLDINGen_US
dc.subjectBERPIKIR KREATIFen_US
dc.subjectHASIL BELAJAR GEOGRAFIen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) Berbasis Scaffolding terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Geografi Siswa di SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.validatorFinalisasi tanggal 2 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi tanggal 2 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Darmawan Aditama_190210303042.pdf
  Until 2028-03-16
8.59 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools