Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115684
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorCHUSNAYANI, Yulia
dc.date.accessioned2023-05-02T03:13:52Z
dc.date.available2023-05-02T03:13:52Z
dc.date.issued2023-01-13
dc.identifier.nim190210104047en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115684
dc.description.abstractPenguasaan keterampilan proses sains dalam pembelajaran IPA sangat penting dimiliki oleh peserta didik. Keterampilan proses sains akan membantu peserta didik untuk lebih mudah untuk belajar ke tingkatan yang lebih tinggi yakni dapat melakukan penelitian dan menyelesaikan permasalahan terkait dengan pengetahuan alam. Berdasarkan kegiatan wawancara dan observasi dapat diketahui bahwa keterampilan proses sains peserta didik masih cukup rendah dan hal ini sejalan dengan hasil studi literatur yang menunjukkan bahwa tingkatan keterampilan proses sains pada peserta didik berada pada tingkatan yang sangat rendah. Faktor yang memengaruhi rendahnya keterampilan proses sains peserta didik salah satunya adalah kurang efektifnya media pembelajaran, kurang menariknya media pembelajaran, dan buku pelajaran yang kurang memacu semangat peserta didik. Langkah untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan media pembelajaran yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media LKPD berbasis kolaboratif materi IPA SMP kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 3 tahapan yakni pendahuluan (Preliminary research), tahap pembuatan prototipe (Prototyping stage), dan tahap penilaian (Assesment phase). Kemudian setelah mengembangan media maka perlu dilakukan uji coba produk dengan subjek uji coba adalah peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 2 Ajung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan media LKPD berbasis kolaboratif dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Validitas media LKPD berbasis kolaboratif untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik diperoleh hasil validasi dari tiga validator adalah sebesar 93,25% yang masuk dalam kategori sangat valid. Kemudian dilakukan uji coba produk kepada peserta didik kelas VIII A di SMP Negeri 2 Ajung yang dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Hasil uji coba lapangan yang diperoleh dari data observasi keterlaksanaan oleh tiga observer adalah sebesar 96,45% yang masuk dalam kategori sangat praktis. Sedangkan hasil uji coba lapangan untuk mengetahui keefektifan media dilakukan dengan pemberian pretest sebelum diberikan treatment dan pemberian postest setelah diberikan treatment dengan uji N-Gain adalah sebesar 0,6 yang mana masuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa 1) media LKPD berbasis kolaboratif untuk meningkatkan keterampilan proses sains memperoleh kriteria sangat valid, 2) media LKPD berbasis kolaboratif layak digunakan dalam pembelajaran dengan 3 kali pertemuan diperoleh presentase 96,45%, dan 3) media LKPD berbasis kolaboratif efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik dengan perolehan uji N-Gain 0,6 masuk dalam kriteria sedang.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKETERAMPILAB PROSES SAINSen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN IPAen_US
dc.titlePengembangan Media Lkpd Berbasis Kolaboratif untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Materi IPA Kelas VIII Smpen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Supeno, S. Pd., M. Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ulin Nuha, S. Pd., M. Pd.en_US
dc.identifier.validatorFinalisasi tanggal 2 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi tanggal 2 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
REPO YULIA.pdf
  Until 2028-01-13
Artikel Utama2.28 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools