Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115628
Title: Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SDN Wonosari 1 Bondowoso
Authors: Ilviahsari, Risti
Keywords: model contextual teaching and learning
hasil belajar
Issue Date: 11-Jan-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh model contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa pada tema 8 daerah tempat tinggalku kelas IV SDN Wonosari 1 Bondowoso. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan menggunakan pola non-equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Wonosari 1 Bondowoso. Penentuan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik simple random sampling (sample acak sederhana), sehingga diperoleh kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji-t, dan uji keefektifan relatif. Data yang dianalisis yaitu nilai selisih skor pre-test dan post-test yang diperoleh siswa. Hasil perhitungan diperoleh bahwa nilai thitung ˃ ttabel yaitu 3,152 > 1,677. Sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan hipotesis nihil (H0) ditolak. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa pada tema 8 daerah tempat tinggalku kelas IV SDN Wonosari 1 Bondowoso.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115628
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
repository.pdf
  Until 2027-01-16
3.56 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
repository.pdf
  Until 2027-01-16
3.56 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
repository.pdf3.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools