Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115624
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Berlian Shoofa, Kamila | - |
dc.date.accessioned | 2023-04-18T04:16:11Z | - |
dc.date.available | 2023-04-18T04:16:11Z | - |
dc.date.issued | 2023-01-11 | - |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115624 | - |
dc.description.abstract | Pembelajaran IPAS pada sub fisika umumnya berupa observasi gejala gejala alam melalui kegiatan pemecahan masalah ataupun eksperimen. Salah satu materi sub fisika yang diajarkan pada awal pembelajaran IPAS adalah besaran dan satuan. Materi besaran dan satuan berhubungan dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari serta terdapat beberapa analisis sehingga banyak siswa yang kesulitan untuk memahami. Berdasarkan hasil obesrvasi pembelajaran IPAS pada kurikulum merdeka kurang efektif dari segi waktu pelasanaannya yang memakan waktu lama sehingga minat belajar siswa berkurang dan pemahaman siswa pada konsep fisika menurun. Minat belajar menjadi faktor internal dimensi psikologis yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Kegiatan pembelajaran fisika yang melibatkan siswa secara langsung dengan fenomena dilingkungan untuk melakukan pengamatan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Guru harus melakukan inovasi pada proses pembelajaran yang menggunakan model dan media pembelajaran yang bervariasi untuk meningkatkan minat dan hasil belajar. Salah satu model dan media yang dapat digunakan adalah model Problem Based Learning dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Pada penelitian ini peneliti menerapakan model Problem Based Learning berbantuan LKPD dalam pembelajaran besaran dan satuan. Sehingga tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah mengkaji peningkatan minat dan hasil belajar siswa dengan penerapan model Problem Based Learning berbantuan LKPD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen, dengan desain penelitian Pre-eksperimental Design dengan jenis One-Grouph Pretest-Posttest Design. Tahapan penelitiannya yaitu melakukan observasi, penyusunan instrument, validasi LKPD, penentuan populasi dan sampel, pengisian pretest dan angket minat awal, penerapan model Problem Based Learning berbantuan LKPD, pengisian posttest dan angket minat akhir, pengolahan data, serta penyusunan laporan. Adapun metode pengumpulan data penelitian ini, yaitu angket, tes, wawancara, obesrvasi, dan dokumentasi. Data angket minat yang diperoleh diukur menggunakan skala likert. Teknik analisis data peningkatan minat dan hasil belajar siswa dihitung menggunakan rumus N-gain untuk membandingkan nilai awal dan nilai akhir yang diperoleh siswa. Analisis N-gain dibagi menjadi 3 kategori peningkatan yaitu rendah, sedang, dan tinggi. ategori peningkatan yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Hasil produk dalam penelitian ini yaitu model Problem Based Learning berbantuan LKPD. LKPD disajikan dengan materi besaran dan satuan yang diintegrasikan dengan model Problem Based Learning. Penelitian dilakukan pada kelas X 4 di SMAN 2 Jember. Pengisian angket minat, pretest dan posttest dilakukan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa. Peningkatan minat dan hasil belajar siswa dianalisis dengan uji N-gain. Berdasarkan nilai angket minat awal dan akhir diperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,59 yang menunjukkan kategori sedang. Sedangkan berdasarkan nilai pretest dan posttest diperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,87 yang menunjukkan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan LKPD dapat diterapkan pada pembelajaran fisika di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa dalam kategori sedang dan hasil belajar siswa dalam kategori tinggi dengan penerapan model Problem Based Learning berbantuan LKPD. Hal tersebut menunjukkan penerapan model Problem Based Learning berbantuan LKPD dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi besaran dan satuan. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dr. Singgih Bektiarso, M.Pd Drs. Bambang Supriadi, M.Sc | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Penerapan | en_US |
dc.subject | PBL | en_US |
dc.subject | LKPD | en_US |
dc.title | Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA Pokok Bahasan Besaran dan Satuan | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.finalization | Finalisasi tanggal 18 April 2023_M.Arif Tarchimansyah | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
190210102083_Berlian Shoofa Kamila.pdf Until 2028-03-16 | 4.75 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools