Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115593
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPradani, Chintia Rani-
dc.date.accessioned2023-04-18T03:33:41Z-
dc.date.available2023-04-18T03:33:41Z-
dc.date.issued2023-02-22-
dc.identifier.nim190210101010en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115593-
dc.description.abstractKualitas pendidikan di Indonesia masih tergolong rendah jika dilihat dari hasil tes PISA. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan baru di tatanan dunia pendidikan. Salah satu kebijakan yang diterapkan adalah penghapusan ujian nasional dimana merupakan alat evaluasi penilaian hasil belajar pada akhir setiap jenjang pendidikan dengan standard nasional dan diganti dengan Asesmen Nasional. Dalam Asesmen Nasional, terdapat dua hal yang menjadi standard nasional di bidang pendidikan yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survei Karakter. AKM berfokus pada kemampuan lietrasi numerasi siswa. Kemampuan literasi numerasi diperlukan siswa dalam menghadapi keterampilan abad 21 serta erat kaitannya dengan menyelesaikan masalah sehari-hari. Soal AKM konten Geometri dan Pengukuran memiliki banyak konsep matematika yang dapat menumbuhkan kemampuan berfikir logis, kritis, dan selektif. Salah satu materi konten Geometri dan Pengukuran yang terdapat dalam Soal AKM adalah trigonometri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi dalam menyelesaikan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pokok bahasan trigonometri siswa kelas XI SMAN 2 Jember. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa dari total 36 siswa kelas XI MIPA 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi siswa dengan kategori rendah sebesar 33,3% , kategori sedang sebesar 52,8% , kategori tinggi sebesar 13,9%. Maka kemampuan literasi numerasi siswa lebih dominan kepada tingkat kemampuan literasi numerasi sedang yaitu sebesar 52,8% lalu diambil 3 siswa untuk dilakukan wawancara dengan berbagai tingkat kemampuan untuk memperkuat hasil penelitian.en_US
dc.description.sponsorshipDra. Titik Sugiarti, M.Pd Dr. Erfan Yudianto, S.Pd.,M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherKeguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKemampuan Literasi dan Numerasi, Asesmen Kompetensi Minimum, Trigonometrien_US
dc.titleAnalisis Kemampuan Literasi dan Numerasi dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Pokok Bahasan Trigonometri Siswa Kelas XI SMAN 2 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dra. Titik Sugiarti, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Erfan Yudianto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi tanggal 18 April 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2027-03-16
2.25 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools