Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115358
Title: Mengurangi Kesalahan Menyelesaikan Soal-Soal Persamaan Garis Lurus Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad pada Siswa Kelas VIIIA MTs. Baitul Arqoom Balung Tahun Ajaran 2010/2011
Authors: SURYANI, Mitra Budi
Keywords: MATEMATIKA
Issue Date: 29-Dec-2009
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pembelajaran yang masih dipandang sebagai suatu alat yang hanya dapat mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa, kurang efektif jika diterapkan pada pelajaran-pelajaran yang membutuhkan pemahaman tinggi seperti m atem atika. Hal ini dapat dilmtahiri dari banyaknya kegagalan/lregalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan Kondisi seperti ini terlihat di kelas VHtA MTs. Baitul Arqom Balung, dimana lebih dari 90% siswa yang belum tuntas dalam belajar matematika. Untuk itu diperlukan suatu pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktiĀ£ yaitu dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian im merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan menggunakan dua siklus^ yang dilaksanakan dalam H Icyli pCTtemnan (17 Oktober 2010-13 November 2010) . Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan pem belajaran STAD, kecenderungan kesalahan siswa setelah pembelajaran STAD, dan keefektifan pembelajaran STAD dalam mengurangi kesalahan siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VHIA MTs. Baitul Arqom Balung tahun fyaran 2010/2011, sejumlah 35 siswa (26 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki). Berikut kesimpulan yang diperoleh selama pembelajaran STAD pada siswa kelas VHIA MTs. Baitul Arqom Balung. a. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi persamaan garis lurus siswa kelas VHIA MTs. Baitul Arqom Balung tahun ajaran 2010/2011 dapat terlaksana dengan lancar, meskipun terdapat beberapa kendala Kendalakendala yang teijadi selama pembelajaran dapat diatasi dengan baik. Kecenderungan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soalsoal persamaan garis lunis yaitu kesalahan teknik. Kesalahan teknik yang muncul ini berupa siswa m elakukan kesalahan dalam melakukan perhitungan, serta kesalahan yang disebabkan karena siswa tidak menyelesaikan perhitungan, atau siswa tidak menjawab soal yang diberikan. Persentase kealahan yang dilakukan siswa peda tes akhir I adalah 33,67% untuk kesalahan penggunaan data, 48,82% untuk kesalahan penggunaan teorema/definisi, 56,57% untuk kesalahan teknik, dan 46,13% untuk kesalahan lain. Pada tes akhir n , persentase kesalahan siswa mengalami penurunan, yaitu kesalahan penggunaan data menjadi 9,35% , kesalahan penggunaan definisi/teorema menjadi 35,58% , kesalahan teknik m ay adi 36,88% , dan kesalahan lain m ay adi 32,21% . c. Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk mengurangi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal persamaan garis lurus dapat diketahui dari penurunan persentase kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal persamaan garis lurus. Pada siklus I, persentase jumlah kesalahan siswa pada tes akhir I mengalami penurunan sebesar 39,29% dari tes pendahuluan. Sedangkan pada siklus H, persentase jumlah kesalahan siswa pada tes akhir n juga mengalami penurunan yaitu sebesar 57,08% dari tes pendahuluan atau menurun 17,79% dari tes akhir L Dengan demikian, pembelajaran kooperatif tipe STAD cukup efektif untuk mengurangi kesalahan siswa kelas VIDA MTs. Baitul Arqom Balung dalam menyelesaikan soal-soal persamaan garis lunis tahun ajaran 2010/2011.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115358
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Mitra Budi Suryani_060210101140.pdf
  Until 2028-04-14
3.66 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools