Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115336
Title: | Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi Berbasis Android dengan Platform Kodular pada Materi Pengentar Ilmu Ekonomi untuk Siswa Kelas X di Sman Balung Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023 |
Authors: | SATRIANI, Nimas |
Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi Berbasis Android dengan Platform KODULAR Pengantar Ilmu Ekonomi |
Issue Date: | 28-Feb-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan media pembelajaran ekonomi berbasis android dengan platform KODULAR pada materi Pengantar Ilmu Ekonomi untuk siswa kelas X di SMAN Balung Kabupaten Jember yang menarik dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang dibatasi pada tahap implementasi (implementation). Penelitian ini menggunakan empat instrumen penelitian yaitu lembar validasi, angket, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang diterapkan meliputi uji tingkat daya tarik dan tingkat efektivitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran ekonomi yang dikembangkan menarik dengan persentase uji coba kelompok terbatas adalah 89,85% dan pada uji coba kelompok luas adalah 93,78% dengan kriteria sangat menarik. Media yang dikembangkan juga efektif karena dapat mencapai tujuan pembelajaran, menunjukkan peningkatan nilai siswa pada uji coba kelompok terbatas dari 80,80 meningkat menjadi 89,20 dan pada uji coba kelompok luas dari 80,22 meningkat menjadi 90,11. Sehingga, media pembelajaran tersebut dikategorikan media pembelajaran yang menarik dan efektif. |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115336 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
NIMAS SATRIANI-190210301014.pdf Until 2028-04-13 | 2.94 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools