Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115327
Title: Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Sub Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa Kelas VII1E Semester II SMPN I Siliragung Tahun Ajaran 2008/2009
Authors: HARIYANTO, Nanang Dwi
Keywords: MATEMATIKA
HASIL BELAJAR
Issue Date: 20-Mar-2010
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pembelajaran berbasis proyek adalah pendekatan yang memperkenankan siswa untuk bekeija secara mandiri maupun kelompok dalam mengkonstruksi (membentuk) pembelajarannya, dan mengkulminasikannya dalam produk nyata. Siswa diberikan tugas yang kompleks, lengkap, tetapi realistik/autentik dan kemudian diberikan bantuan secukupnya agar mereka dapat menyelesaikan tugas mereka (bukan diajar sedikit demi sedikit komponen-komponen suatu tugas kompleks yang pada suatu hari diharapkan akan terwujud menjadi suatu kemampuan untuk menyelesaikan tugas kompleks tersebut). Prinsip ini digunakan untuk menunjang pemberian tugas kompleks di kelas seperti proyek, simulasi, penyelidikan masyarakat, menulis untuk disajikan kepada forum pendengar yang sesungguhnya, dan tugas-tugas autentik lainnya. Istilah situated learning digunakan untuk menggambarkan pembelajaran yang teijadi di dalam kehidupan nyata, tugas-tugas otentik/asli atau yang sebenarnya Pengambilan data dimulai pada hari Rabu tanggal 28 Mei 2009 di SMPN 1 Siliragung Banyuwangi dengan subyek penelitian siswa kelas VIII E tahun ajaran 2008/2009. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode tes. Fase-fase Pembelajaran berbasis Proyek dapat terlaksana dengan baik. Selama pembelajaran berlangsung siswa berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar, seperti bertanya dalam diskusi, menjawab pertanyaan guru, menjawab pertanyaan siswa lain selama diskusi, dan bekeija kelompok. Pada waktu investigasi terhadap proyek, siswa sangat antusias dan bersemangat dalam pembelajaran ini.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115327
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nanang Dwi Hariyanto_040210101127.pdf2.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools