Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115291
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMAHMUDA, Sofia Novaliyanti-
dc.date.accessioned2023-04-13T06:35:41Z-
dc.date.available2023-04-13T06:35:41Z-
dc.date.issued2020-03-13-
dc.identifier.nim160210101089en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115291-
dc.description.abstractPendidikan dapat dipadukan dengan kebudayaan setempat sehingga pembelajaran terkesan kontekstual. Etnomatematika dapat menjadi jembatan bagi peserta didik dalam mempelajari matematika dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menggali etnomatematika pada Tari Jejer Gandrung Kembang Menur yang selanjutnya digunakan materi dalam bentuk video pembelajaran geometri. Gandrung merupakan maskot Kabupaten Banyuwangi. Gandrung dibedakan menjadi dua, yaitu Kesenian Gandrung dan Tari Jejer Gandrung. Kesenian Gandrung sudah ada sejak Kerajaan Blambangan. Tari Jejer Gandrung diciptakan oleh Sumitro Hadi pada tahun 1975. Tari Jejer Gandrung kemudian dikembangkan, salah satunya yaitu Tari Jejer Gandrung Kembang Menur. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat aktivitas matematika pada konsep dan ide matematis. Penelitian ini fokus pada gerak tari dan atribut tata busana Tari Jejer Gandrung Kembang Menur. Pada gerak tari Jejer Gandrung Kembang Menur terdapat aktivitas membilang, yaitu membilang dalam hitungan dan berlaku kelipatan bergantung pada koreografi. Aktivitas membilang pada ruas garis dapat diidentifikasi pada susunan penari yang membentuk garis lurus. Garis yang dibentuk terdapat garis yang membentukk gradien, garis horisontal, garis vertikal, garis yang saling tegak lurus. Aktivitas membilang pada sudut dapat diidentifikasi pada gerak tari. Sudut yang dibentuk yaitu sudut tumpul dan sudut suplementer.Aktivitas mendesain pola lantai pada umumnya berbentuk huruf dan bangun datar. Bangun datar pada gerak Tari Jejer Gandrung Kembang Menur yaitu segitiga, lingkaran, dan segi enam. Kesebangunan pada Tari Jejer Gandrung Kembang Menur yaitu leveling dan kesebangunan segitiga dari gerakan tangan lima orang penari. Kekongruenan pada Tari Jejer Gandrung Kembang Menur yaitu gerakan yang sama dan berulang pada tempo yang berbeda, namun terletak pada posisi yang berbeda. Transformasi geometri pada gerak Tari Jejer Gandrung berupa refleksi (pencerminan), dilatasi (perkalian), rotasi (perputaran), dan translasi (pergeseran). Pada atribut tata busana Tari Jejer Gandrung Kembang Menur terdapat aktivitas mengukur pada sudut yaitu pada kipas, berupa sudut tumpul. Titik ada pada omprok. Ruas garis ada pada keter, hiasan daun (tulang dan ruas daun), hiasan ilat-ilat dan sembong, serta pendhing. Bangun datar yang terdapat pada atribut tata busana berupa lingkaran, gabungan dari segitiga dan setengah lingkaran, gabungan dari empat lingkaran, seperempat lingkaran, juring lingkaran, segitiga, oval, segiempat, gabungan dari setegah lingkaran besar dan satu lingkaran kecil, dan gabungan dari segiempat dan setengah lingkaran, gabungan dari tiga lingkaran, serta poligram, yaitu septagram. Kekongruenan pada atribut tata busana Tari Jejer Gandrung Kembang Menur yaitu terdapat pada omprok, kelat bahu, sembong dan kemben batik Gajah Oling. Kesebangunan pada atribut tata busana Tari Jejer Gandrung Kembang Menur yaitu terdapat pada kipas. Transformasi geometri terdapat pada refleksi, dilatasi dan rotasi. Hasil penelitian pada etnomatematika Tari Jejer Gandrung Kembang Menur berupa bahan ajar berupa video pembelajaran geometri untuk peserta didik SMP/MTs kelas VIII dan IX. Video diunggah via Youtube dengan link https://www.youtube.com/watch?v=gUIV5O-ibiY&feature=youtu.be. Video pembelajaran geometri ini merupakan kompilasi dari video gerakan tari yang diberi tanda dan penjelasan materi pelajaran sehingga memudahkan siswa untuk belajar dengan kontekstual.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr. Susanto, M.Pd. Dosen Pembimbing Anggota : Dr. Erfan Yudianto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectETNOMATEMATIKAen_US
dc.subjectTARI JEJER GANDRUNGen_US
dc.subjectKHAS BANYUWANGIen_US
dc.titleEtnomatematika pada Tari Jejer Gandrung Kembang Menur khas Banyuwangi sebagai Video Pembelajaran Geometrien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Susanto, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Erfan Yudianto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Sofia Novaliyanti Mahmuda-160210101089 SR.pdf
  Until 2028-04-13
3.39 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools