Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115203
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | HIDAYATIE, Fitriana | - |
dc.date.accessioned | 2023-04-13T02:32:33Z | - |
dc.date.available | 2023-04-13T02:32:33Z | - |
dc.date.issued | 2022-12-27 | - |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115203 | - |
dc.description.abstract | Sentra bahan alam merupakan salah satu model pembelajaran sentra yang memberikan pengalaman langsung bagi anak saat belajar, dengan menggunakan berbagai bahan dan warna serta memberikan kebebasan dalam membuat karya di sentra bahan alam dapat mengembangkan kreativitas anak. Upaya yang dilakukan guru dalam melakukan penerapan model pembelajaran sentra bahan alam di TK ARNI dilakukan dengan memberikan pijakan-pijakan bermain pada anak yaitu pijakan penataan lingkungan, pijakan sebelum bermain, pijakan pada saat bermain, dan pijakan setelah anak bermain yang dapat memberikan kesempatan bagi anak kelompok B1 untuk mengembangkan kreativitasnya dalam berpikir lancar (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originalitiy), dan elaborasi (elaboration). Terdapat beberapa macam kegiatan di sentra bahan alam yang dapat mengembangkan kreativitas anak kelompok B1 diantaranya kegiatan membuat figura dari stik kayu, menabur dengan beras warna-warni, membuat plastisin dari tepung, dan mewarnai dengan kunyit, dan membuat prakarya. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B1 sebanyak 16 anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi (catatan lapangan), wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah menggunakan teknik analisis data yang meliputi proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah menerapkan pemberian pijakan-pijakan bermain pada anak kelompokB1 di sentra bahan alam di TK ARNI dan kegiatan-kegiatan di sentra bahan alam dapat mengembangkan kemampuan kreativitas anak dalam berpikir lancar (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originalitiy), dan elaborasi (elaboration) | en_US |
dc.description.sponsorship | Dr. Nanik Yuliati, M.Pd Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Sentra Bahan Alam | en_US |
dc.subject | Kreativitas Anak | en_US |
dc.title | Analisis Pembelajaran Sentra Bahan Alam dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Kelompok B di TK Arni Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021 | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.validator | Taufik | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
fitriana hidayatie (160210205050).pdf Until 2028-02-27 | 2.02 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools