Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115177
Title: Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Metode Proyek Terhadap Kemampuan Interpersonal Anak Usia Dini Kolempok B di TK Al Istiqlal Sumbersari Jember Tahun Ajaran 2022/2023
Authors: PRERMATA, Yolanda Reszie
Keywords: Metode Proyek
Kemampuan Interpersonal
Issue Date: 17-Jan-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan permasalah yang ditemukan pada saat observasi awal yang di lakukan oleh peneliti pada anak kelompok B di TK Al Istiqlal Sumbersari Jember Tahun Ajaran 2022/2023 yakni ditemukan permasalahan tentang kemampuan interpersonal anak yang kurang optimal meliputi (1) berinteraksi dengan orang lain yang ada di sekitarnya (teman dan guru); (2) bekerjasama dalam kegiatan kelompok; (3) menghargai teman; dan (4) berbagi dengan teman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh yang signifikan penerapan pembelajaran berbasis metode proyek terhadap kemampuan interpersonal anak usia dini kelompok B di TK Al Istiqlal Sumbersari Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini menggunakan pre-experimental design dengan bentuk rancangan one group pretest posttest design. Bentuk rancangan ini dilakukan melalui proses membandingkan hasil dari pretest atau sebelum diberikannya treatment metode proyek dengan hasil dari posttest atau setelah diberikannya treatment metode proyek. Subjek penelitian ini terdiri dari 15 anak kelompok B di TK Al Istiqlal Sumbersari Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis metode proyek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan interpersonal anak usia dini kelompok B di TK Al Istiqlal Sumbersari Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yakni thitung sebesar 18,413 dengan nilai signifikansi 0,00 yang diartikan sebagai <0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115177
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Repository.pdf
  Until 2028-04-13
3.5 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools