Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115129
Title: Pengembangan Media Augmented Reality Card (ARCA) Situs Megalitik Pekauman Bondowoso Berbasis Android Guna Meningkatkan Problem Sollving Skill Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia
Authors: PAMBUDI, Rilo
Keywords: AUGMENTED REALITY CARD (ARCA
SITUS MEGALITIK
PROBLEM SOLVING SKILL
Issue Date: 21-Dec-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Berdasarkan permasalahan yang ada pada kelas X IPS 3 di SMAN 1 Glenmore yakni rendahnya Problem Solving Skill peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Indonesia. Berdasarkan hasil analisis permasalahan awal tingkat Problem Solving Skill peserta didik yang dilakukan di kelas X IPS 3 di SMAN 1 Glenmore, didapatkan hasil rata-rata 30,27, hasil rata-rata yang didapatkan tergolong rendah berdasarkan kriteria interpretasi kemampuan pemecahan masalah. Selain itu, diperoleh fakta di lapangan dari data hasil wawancara analisis perfomansi terhadap pendidik, yaitu pendidik mata pelajaran Sejarah Indonesia menginginkan sebuah inovasi media pembelajaran yang berbasis android dengan rata-rata (M = 1,09; SD = 0,29). Pada hasil analisis kebutuhan peserta didik menunjukkan bahwa peserta didik merasa aktivitas pembelajaran Sejarah Indonesia kurang interaktif dan menarik, dan guru mata pelajaran Sejarah Indonesia kurang memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran dengan rata-rata (M = 1,00; SD = 0,00). Berdasarkan data tersebut, terdapat solusi yang dapat diberikan, yakni dengan mengembangkan sebuah media pembelajaran dengan inovasi 3D berbasis android yang mampu meningkatkan Problem Solving Skill peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Indonesia. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah: (1) Menghasilkan produk berupa aplikasi Augmented Reality Card (ARCA) Situs Megalitik Pekauman Bondowoso berbasis Android pada mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas X IPS 3 SMAN 1 Glenmore menggunakan model 4D yang telah tervalidasi oleh para ahli; (2) Mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Augmented Reality Card (ARCA) Situs Megalitik Pekauman Bondowoso berbasis Android dalam meningkatkan Problem Solving Skill peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Indonesia. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Desain penelitian dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D yang terdiri dari empat tahapan, diataranya; (1) Define; (2) Design; (3) Develop; (4) Disseminate. Hasil validasi media mencapai rating sebesar 3,68 dengan kualifikasi “Sangat Baik”, validasi ahli materi/isi bidang studi mencapai rating sebesar 3,67 dengan kualifikasi “Sangat Baik”, dan validasi ahli bahasa mencapai rating sebesar 3,73 dengan kualifikasi “Sangat Baik”. Hasil yang diperoleh pada uji pengguna terhadap pendidik mencapai rating sebesar 3,92 dan uji pengguna terhadap peserta didik mencapai rating sebesar 3,7 yang berarti pada tahapan uji pengguna media pembelajaran memiliki kualifikasi “Sangat Baik”. Uji efektivitas kelompok kecil di kelas X IPS 3 SMAN 1 Glenmore menunjukkan rata-rata sejumlah 0,98 yang tergolong dalam kualifikasi “Large Effect”, sedangkan pada uji kelompok besar menunjukkan rata-rata sejumlah 0,97 yang tergolong dalam kualifikasi “Large Effect”. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan; (1) Media pembelajaran Augmented Reality Card (ARCA) berbasis android telah tervalidasi oleh para ahli, dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran sejarah; (2) Media pembelajaran Augmented Reality Card (ARCA) berbasis android dapat meningkatkan Problem Solving Skill peserta didik kelas X IPS 3 di SMAN 1 Glenmore.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 12 April 2023_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115129
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2028-01-03
5.53 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools