Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115125
Title: | Penerapan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa SD Kelas IV dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar di SDNU Padomasan Jember |
Authors: | FADILLA, Fatma Nur |
Keywords: | MODEL DISCOVERY LEARNING KEMAMPUAN LITERASI M ATEMATIKA MASALAH BANGUN DATAR |
Issue Date: | 1-Dec-2022 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Dalam belajar matematika siswa diharapkan dapat belajar bagaimana menganalisis suatu permasalahan yang mendorongnya untuk berpikir pemecahan masalah matematisnya yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari. Kemampuan menyelesaikan masalah yang ada dikehidupan sehari-hari merupakan salah satu bagian dari kemampuan literasi matematis. Salah satu materi yang ada dalam mata pelajaran matematika yaitu materi bangun datar.. Metode Discovery learning adalah model pembelajaran pemecahan masalah yang akan dihadapi siswa dalam kehidupan sehari-hari. Sejalan dengan kemampuan literasi matematika siswa yang mana dalam kemampuan ini siswa diharapkan memiliki kemampuan dalam memecahkan suatu masalah dalam kehidupan seharihari bangun datar sangat akrab dengan kita, yang mana siswa dapat belajar mengenai bangun datar dari berbagai macam benda yang ada di sekitar kita. Dengan demikian ada keterkaitan antara penerapan metode Discovery Learning dengan kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan masalah bangun datar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa SD kelas IV dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar di SDNU Padomasan Jember.Berdasarkan rumusan masalah yang diuraikan, maka tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk menelaah ada atau tidaknya pengaruh dari penerapan model discovery learning terhadap kemampuan literasi siswa SD kelas IV dalam menyelesaikan masalah bangun datar di SDNU Padomasan Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDNU Padomasan Jember. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan pola Quasi-Experimental Design. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan instrumest test yaitu pretest dan posttest yang sebelum digunakan telah divalidasi oleh validator serta telah melaluiuji validitas dan reabilitas. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Responden pada penelitian ini adalah kelas IVA dan IVB yang berjumlah 48 siswa dengan masing-masing kelas berjumlah 24 siswa. Pada tahap awal penelitian akan dilaksanakan pretest terlebih dahulu. Ratarata hasil pretest kelas IVA sebesar 66,04 dan kelas IVB sebesar 75,38 Kegiatan selanjutnya yakni menerapkan model discovery learning pada kelas eksperimen dan menerapkan model konvensional pada kelas kontrol. Selanjutnya dilaksanakan posttest. Hasil penelitian yang sudah dilaksanakan menunjukkan bahwa rata-rata posttest pada kelas kelas kontrol sebesar 74,58 dan pada kelas eksperimen sebesar 85,37 Berdasarkan hasil uji-t diketahui bahwa t0 yang diperoleh 6,56, yang kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada tarif signifikansi 5% dengan df = 23 menunjukkan ttabel sebesar 1,713. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa t0 > ttabel (6,56 > 1,713) sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari hasil tes yaitu pre-test dan posttest maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan masalah bangun datar dalam penggunaan model discovery learning kelas IV SDNU Padomasan Jember tahun ajaran 2021/2022. |
Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 12 April 2023_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115125 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI REPOSITORY.pdf Until 2028-01-04 | skripsi | 2.29 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools