Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115094
Title: Implikatur Tindak Tutur Rocky Gerung di Kanal Youtube Novel Baswedan dan Pemanfaatannya untuk Materi Ajar Teks Eksplanasi Kelas XI
Authors: FIKRI, Ahmad Faiz Rizalul
Keywords: Implikatur
fungsi implikatur
inferensi
prinsip analogi
prinsip penafsiran lokal
Rocky gerung
teks eksplanasi
Issue Date: 19-Dec-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Penelitian ini mendeskripsikan implikatur tindak tutur Rocky Gerung dan inferensi tindak tutur Rocky Gerung di kanal youtube Novel Baswedan, kemudian menguraikan pemanfaatan implikatur dan inferensi untuk materi ajar teks eksplanasi kelas XI. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk memaparkan data yang telah diperoleh dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan tiga fungsi implikatur yang ditemukan dalam tindak tutur Rocky Gerung, yaitu (1) fungsi implikatur asertif sebanyak 6 segmen tutur untuk menyatakan, menunjukkan, dan melaporkan, (2) fungsi implikatur direktif sebanyak 5 segmen tutur untuk memberi nasihat, dan (3) fungsi implikatur ekspresif sebanyak 7 segmen tutur untuk memberi pujian dan memberi sindiran. Selanjutnya, pembahasan prinsip penafsiran inferensi yang ditemukan dalam tindak tutur Rocky Gerung meliputi dua prinsip penafsiran, yaitu prinsip analogi yang digunakan dalam penafsiran 9 segmen tutur dan prinsip penafsiran lokal yang digunakan dalam penafsiran 9 segmen tutur. Adapun pemanfaatan implikatur tindak tutur Rocky Gerung di kanal youtube Novel Baswedan dapat dimanfaatkan untuk materi ajar teks eksplanasi kelas XI, khususnya pada tahapan membuat teks eksplanasi.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115094
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI (Ahmad Faiz Rizalul Fikri_180210402062).pdf
  Until 2028-04-12
1.66 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools