Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115047
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDARMANTO, Aldy-
dc.date.accessioned2023-04-12T02:39:41Z-
dc.date.available2023-04-12T02:39:41Z-
dc.date.issued2023-01-24-
dc.identifier.nim190210201032en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115047-
dc.description.abstractKehidupan sosial suatu bangsa sebagian besar dibentuk oleh sistem pendidikannya. Sesuai dengan ketentuan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan kesetaraan adalah kebijakan pendidikan yang berada di luar pendidikan formal tetapi berstatus sama dengan pendidikan formal. Gagasan bahwa pendidikan nonformal dan pendidikan formal sejajar dalam kualitas dan dalam menetapkan standar pendidikan nasional tersirat dalam kata kesetaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kebijakan pendidikan kesetaraan diimplementasikan di Kabupaten Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menyelaskan bahwa implementasi kebijakan pendidikan sudah berjalan baik melalui beberapa tahapan yakni 1) Forum Group Discussion, 2) Sosialisasi, 3) Pola Rekrutmen, 4) Pelaksanaan, 5) Evaluasi. Adapun hambatan yang terjadi saat proses implementasi yakni 1) Kurangnya antusias warga belajar mengikuti proses pembelajaran, 2) Keterbatasan sarana penunjang pembelajaran, 3) Penguasaan teknologi informasi yang masih kurang, dan 4) Kurang pedulinya beberapa stakeholder atas pentingnya pendidikan kesetaraan. Selain itu, terdapat beberapa faktor yang menjadi pendukung implementasi kebijakan yakni 1) Pendidik, 2) Sarana dan Prasarana, 3) Pembiayaan, 4) Dukungan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, dan 5) Inovasi Program Pendidikan Kesetaraan. Upaya-upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah guna mengatasi hambatan implementasi kebijakan yakni 1) Koordinasi, 2) Komunikasi, 3) Kerjasama.en_US
dc.description.sponsorshipFuad Hasan, S.Pd., M.Pd. Irliana Faiqotul Himmah, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKebijakanen_US
dc.subjectPendidikanen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.titleImplementasi Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan di Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timuren_US
dc.typeOtheren_US
dc.identifier.prodiPendidikan Luar Sekolahen_US
dc.identifier.pembimbing1Fuad Hasan, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Irliana Faiqotul Himmah, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_ALDY DARMANTO_190210201032.pdf
  Until 2028-04-12
3.4 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools