Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114975
Title: | Implementasi Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Nilai Moral Agama Anak Usia 4-5 Tahun di Paud Nahdlatul Athfal Kradinan Kabupaten Madiun |
Authors: | SHARI, LIYA MURTINA |
Keywords: | Polah Asuh Orang Tua Perkembangan Nilai Moral Agama |
Issue Date: | 31-Jan-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pola asuh orang tua dalam menanamkan nilai moral agama anak usia 4-5 tahun di Paud Nahdlatul Athfal Kradinan Kabupaten Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan tempat penelitian ditentukan dengan teknik purposive area. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan serta triangulasi (triangulasi sumber dan teknik). Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan kesimpulan data. Hasil penelitian mendeskripsikan terdapat dua pola asuh yakni pola asuh demokratis dari aspek perkembangan moral agama penanamannya berupa praktik langsung dan membebaskan anak. Orang tua memberi arahan mengenai pentingnya sholat, berdoa serta mengenalkan kata-kata santun sejak dini kepada anak Sedangkan pada pola asuh otoriter lebih menekankan bahwa orang tua menjadi pemegang kendali aturan yang dirumah. Dalam pembiasaannya berupa mencontohkan langsung terkait berdoa, namun membatasi terkait doa sehari-harinya dan memberi hukuman pada anak yang tidak menghafalkan doa. |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114975 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
LIYA MURTINA SHARI 180210201018.pdf Until 2028-04-12 | 2.01 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools