Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114963
Title: | Pengembangan Bahan Ajar Biomagazine Berbasis Brain-Based Learning (BBL) pada Materi Sistem Respirasi disertai Video dan Teka-Teki Silang untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa |
Authors: | NUROKTAVIA, Riska |
Keywords: | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOMAGAZINE BERBARIS BRAIN-BASED LEARNING (BBL) |
Issue Date: | 21-Dec-2022 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Pengembangan bahan ajar menjadi media penting untuk menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran, salah satu bahan ajar yang menarik dan interaktif untuk dikembangkan yaitu biomagazine. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar biomagazine yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Model penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil pengembangan berupa bahan ajar biomagazine pada materi sistem respirasi yang disajikan berbasis Brain-Based Learning (BBL) disertai video dan teka-teki silang. Kevalidan diperoleh melalui nilai rata-rata validasi ahli materi, ahli media, dan ahli pengembangan serta ahli pengguna sebesar 86,89 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan diperoleh melalui rerata nilai observasi kepraktisan pembelajaran sebesar 88,24 dengan kategori sangat praktis, uji keterbacaan sebesar 97,22 dengan kategori sangat mudah, dan kepraktisan respon siswa 88,45 dengan kategori sangat praktis. Keefektifan diperoleh berdasarkan peningkatan hasil belajar kognitif siswa selama tiga kali pertemuan berturut-turut dengan menggunakan uji N-gain sebesar 0,70; 0,70; dan 0,71 dengan kategori tinggi dan nilai peningkatan motivasi belajar ARCS siswa sebesar 92,01 pada indikator attention (perhatian), 92,43 pada indikator relevance (relevansi), 92,22 pada indikator confidence (percaya diri), dan 91,94 pada indikator satisfaction (kepuasan) dengan kategori sangat baik. Bahan ajar biomagazine yang telah dikembangkan dapat menjadi bahan ajar alternatif bagi guru dan siswa untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di Indonesia. |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114963 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Repository Skripsi Riska Nuroktavia.pdf Until 2028-04-11 | 6.29 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools