Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114960
Title: Campur Kode Bahasa Jawa Tehadap Bahasa Indonesia Dalam Menulis Pengalaman Pribadi Pada Siswa Kelas V SDN KEBONSARI LUMAJANG
Authors: Cahyani, Febila Suminar
Keywords: Campur kode
wujud campur kode
Upaya yang dilakukan guru
Issue Date: 13-Jan-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Campur kode merupakan peristiwa memasukkan lebih dari satu bahasa dengan saling menyelipkan unsur bahasa satu dengan bahasa yang lain. Tujuan penelitian ini yakni guna mendeskripsikan wujud campur kode bahasa Jawa terhadap bahasa Indonesia dalam menulis pengalaman pribadi pada siswa kelas V SDN Kebonsari, Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya campur kode bahasa dan upaya guru dalam mengatasi terjadinya campur kode bahasa pada siswa kelas V SDN Kebonsari. Penelitian ini menggunkan model Milles and Huberman. Metode pengumpulan data peneltian ini adalah wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpul data adalah lembar wawancara, tabel pengumpulan data, dan tabel analisis data. Hasil analisis dalam penelitian ini adalah : (1) wujud campur kode bahasa Jawa terhadap bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN Kebonsari Lumajang yakni campur kode kata dasar, campur kode kata berimbuhan, campur kode kata berulang, dan campur kode berwujud frasa. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya campur kode yakni, faktor penguasaan bahasa Jawa lebih kuat dari bahasa Indonesia, faktor keluarga, faktor lingkungan dan faktor kebiasaan. (3) upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi campur kode bahasa pada siswa, yakni berbicara dengan siswa menggunakan bahasa Indonesia, membenarkan kalimat yang salah, dan melakukan evaluasi bersama-sama di forum kelas untuk kalimat yang termasuk ke dalam campur kode bahasa.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114960
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2028-04-11
1.45 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools