Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114878
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorYULINIAR, Almalia
dc.date.accessioned2023-04-11T04:10:51Z
dc.date.available2023-04-11T04:10:51Z
dc.date.issued2023-01-16
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114878
dc.description.abstractKepala sekolah sebagai pemimpin di lingkungan pendidikan memiliki wewenang mengajar bekerja sama kepada semua pihak, orang tua siswa, masyarakat maupun instansi-instansi yang berkaitan dengan sekolah untuk bekerjasama dalam peningkatan akreditasi sekolah sebagai peningkatan mutu pendidikan kepala sekolah bertugas untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi belajar sebagai pengembangan diri membangun diri untuk semua warga sekolah untuk disiplin dan saling memotivasi agar adanya usaha yang sedang dilakukan untuk meningkatkan sarana dan prasarana sebagai pendukung dalam kegiatan belajar. Penelitian ini ingin mendeskripsikan bagaimana peran yang dilakukan kepala sekolah pada pencapaian status akreditasi di TK Al Hidayah 69 Pontang Ambulu. Penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, dan guru. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki peran sebagai motivator, supervisor dan inovator. Peran tersebut sangat menunjang keberhasilan dari pencapaian status akreditasi di TK Al Hidayah 69, karena kepala sekolah berperan sebagai motivator yang artinya kepala sekolah selalu memberikan semangat, tauladan yang baik, kata-kata pujian dan memberikan sedikit apresiasi (reward) untuk penyemangat guru. Kepala sekolah berperan sebagai supervisor yang artinya kepala sekolah selalu mendampingi, membimbing dan memberi penilaian dalam kinerja guru guna mencapai kegiatan belajar mengajar yang baik dan efisien. Kepala sekolah sebagai inovator yang berarti kepala sekolah memberikan gagasan-gagasan baru, innovasi kegiatan baru yang sesuai dan guna menunjang kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik dan benar. .en_US
dc.description.sponsorshipLaily Nur Aisiyah, S.Pd., M.Pd. Reski Yulina Widiastuti, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANen_US
dc.subjectKEPEMIMPINANen_US
dc.subjectPENCAPAIANen_US
dc.subjectAKREDITASIen_US
dc.titleKepemimpinan Kepala Sekolah pada Pencapaian Status Akreditasi di TK Al Hidayah 69 Pontang Ambuluen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINIen_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
almalia agam yuliniar 180210205071.pdf
  Until 2027-01-31
5.53 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools