Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114740
Title: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Disertai Sumber Belajar Lingkungan terhadap Hasil Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa SMA
Authors: Sekar Tanjung, Anggi Wulan
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Sumber Belajar Lingkungan, Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis
Issue Date: 19-Jan-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang dihasilkan dari penggunaan model pembelajaran berbasis masalah yang disertai dengan sumber belajar lingkungan terhadap hasil belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Posttes-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 4 Jember tahun ajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini terpilih dua kelas yang dijadikan sebagai sampel penelitian yaitu XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran berbasis masalah disertai belajar sumber lingkungan terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran berbasis masalah disertai belajar sumber lingkungan terhadap kemampuan berfikir kritis siswa SMA.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114740
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Anggi Wulan Sekar Tanjung.pdf
  Until 2028-01-27
2.65 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools