Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114573
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorIFFAH, Nafia-
dc.date.accessioned2023-04-06T06:58:16Z-
dc.date.available2023-04-06T06:58:16Z-
dc.date.issued2022-12-27-
dc.identifier.nim180210302015en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114573-
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan e-modul sebagai produk yang telah dikembangkan. Inovasi berupa e-modul interaktif dan inovatif berbasis life skill sangat dibutuhkan mengingat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta arus globalisasi yang berdampak pada bidang pendidikan, serta keterlibatan siswa dalam pembelajaran aktif, meningkatkan keterampilan dan mampu memecahkan masalah sangat diperlukan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, kuesioner, dan wawancara. Sampel penelitian adalah tiga SMA untuk observasi dan satu sekolah untuk uji coba dengan jumlah siswa 32 orang. Hasil validasi dari pengembangan modul elektronik interaktif dan inovatif menunjukkan bahwa modul elektronik telah memenuhi standar validasi ahli materi sebesar 96,3% dengan kualifikasi sangat baik, validasi ahli bahasa mencapai persentase 94% dengan kualifikasi sangat baik dan validasi desain ahli mencapai persentase 89% dengan kualifikasi sangat baik, dan 88% uji pengguna individu dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil belajar menggunakan e-modul interaktif dan inovatif berbasis life skills dapat dijadikan sebagai sumber belajar di sekolah bagi siswa. Dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa melalui uji coba kelompok kecil dengan menggunakan rumus uji keefektifan sebesar 80% dengan kualifikasi tinggi, dan uji coba kelompok besar sebesar 0,78% dengan kualifikasi tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan e-modul interaktif dan inovatif berbasis life skills sebagai sumber belajar.en_US
dc.language.isoenen_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIFen_US
dc.subjectINOVATIF BERBASISen_US
dc.subjectKECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS)en_US
dc.titlePengembangan E-Modul Interaktif dan Inovatif Berbasis Kecakapan Hidup (Life Skills) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah dengan Model ADDIEen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Sejarahen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nurul Umamah, M. Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Marjono, M.Humen_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
iffah doc.pdf2.47 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools