Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114531
Title: Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan di Bandar Udara Notohadinegoro Jember
Authors: SATRIA, Aldho Bagus
Keywords: SWOT
IPA
BANDAR UDARA
STRATEGI
PERSEPSI
PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA
Issue Date: 30-Nov-2022
Publisher: Fakultas Teknik
Abstract: Bandar udara merupakan kawasan di daratan dan atau perairan dengan batas tertentu yang digunakan sebagai tempat pesawat udara mendarat dan lepas landas Bandar udara merupakan kawasan di daratan dan atau perairan dengan batas tertebtu yang digunakan sebagai tempat pesawat udara mendarat dan lepas landas. Bandar Udara Notohadinegoro merupakan salah satu Bandar Udara yang terletak di Kabupaten Jember. Bandar udara ini salah satu Bandar Udara di Indonesia yang difungsikan sebagai tempat kegiatan alih moda transportasi. Adanya moda transportasi ini lebih memudahkan untuk penumpang dapat beralih dari tempat satu ketempat lain dalam waktu yang lebih efisien. sehingga perlu adanya pengembangan Bandar udara baik dari segi kinerja fasilitas Bandar Udara maupun dari pelayanan. Pengembangan perencanaan Bandar Udara Notohadinegoro perlu dilakukan untuk meningkatkan peningkatan pengoperasian bandar udara. Hal ini didukung dengan beberapa potensi yang dimiliki Kabupaten jember dalam bidang pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dengan menstrategikan perbaikan dan penambahan sarana dan prasarana agar dapat memberi kenyamanan dan keamanan kepada setiap pelanggan di Bandar Udara Noto Hadinegoro di Kabupaten Jember. Rancangan penelitian ini menggunakan metode IPA dan SWOT dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengunjung Bandar Udara Notohadinegoro. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dimana diambil dari perhitungan yang dihasilkan oleh jumlah responden pelanggan Bandar Udara Notohadinegoro. Sampel yang digunakan sebanyak 98 responden dengan beberapa kriteria. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan menggunakan startegi matriks EFAS IFAS. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer, pengamatan secara langsung, kuesioner dan wawancara, serta data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form dan pembagian kuesioner secara langsung kepada stakeholder dengan periode pengisian 31 Mei 2022 – 6 Juli 2022. Metode analisis yang digunakan adalah analisis IPA dan SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) data pelanggan Bandar Udara Notohadinegoro Jember terakhir beroperasi pada tahun 2019, dikarenakan pada tahun 2020 memasuki masa pandemi dimana pelanggan untuk menaiki pesawat berkurang drastis. 2) Pandemi covid-19 yang menyebabkan menurunnya operasional Bandar Udara Notohadinegoro Jember. 3) Kepemilikan lahan Bandar Udara Notohadinegoro yang masih belum sepenuhnya dimiliki oleh Bandar Udara Notohadinegoro. 4) Kualitas pelayanan sarana dan prasarana bandara masih banyak yang harus diperbaiki. 5) Kualitas potensi pelayanan sarana dan prasarana bandara masih kurang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Description: Finalisasi oleh Taufik Tgl 6 April 2023
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114531
Appears in Collections:UT-Faculty of Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Aldho Bagus_181910501033_Watermark.pdf
  Until 2028-01-24
4.32 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools