Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114508
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAWALIYAH, Divani Resti
dc.date.accessioned2023-04-06T04:01:10Z
dc.date.available2023-04-06T04:01:10Z
dc.date.issued2022-11-16
dc.identifier.nim180210302028en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114508
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 6 April 2023en_US
dc.description.abstractDalam mencapai tujuan pembelajaran, maka di kelas guru perlu melaksanakan penilaian. Penilaian dapat memberikan motivasi pada peserta didik agar semangat dalam belajar, memotivasi guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran dan mendorong pihak sekolah untuk melakukan peningkatan fasilitas serta kualitas pembelajaran untuk peserta didik (Latif, 2019). Penilaian juga merupakan aspek penting bagi guru sebagai bahan acuan bagi guru memperbaiki strategi atau metode pembelajaran. Hal tersebut merupakan tujuan utama asesmen yaitu kegiatan mengumpulkan data berkaitan dengan proses pembelajaran mengenai kemampuan dan hambatan yang dirasakan oleh peserta didik untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. Asesmen yang dikembangkan adalah asesmen formatif yang akan melibatkan peserta didik dalam penilaiannya. Ada dua macam bentuk asesmen formatif yakni asesmen tidak tertulis (diskusi kelas, drama, produk, presentasi, dan tes lisan) dan asesmen tertulis (refleksi, jurnal, esai, poster, tes tertulis). Pada penelitian ini menggunakan bentuk asesmen tertulis berupa pertanyaan-pertanyaan pilihan ganda. Rumusan masalah penelitian ini ialah : (1) bagaimana hasil validasi ahli terhadap soal asesmen formatif sejarah lokal materi perjuangan rakyat Lumajang dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia (1945-1949) pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMA semester genap?; (2) bagaimana hasil analisis kualitas butir soal asesmen formatif sejarah lokal materi perjuangan rakyat Lumajang dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia (1945-1949) 1949) dan agar peserta didik dapat mengetahui kekurangan dan kelebihannya pada materi sejarah lokal perjuangan rakyat Lumajang dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia (1945-1949). Subjek penelitian ialah peserta didik kelas XI IPA 1 di SMA Negeri Klakah sejumlah 27 peserta didik. Jenis penelitian ialah penelitian pengembangan (research and development). Desain penelitian menggunakan model Borg and Gall. Metode pengumpulan data pada penelitian menggunakan wawancara pada guru, dan tes pada peserta didik. Analisis data menggunakan program SPSS versi 24 dan ANATES versi 4.2. Hasil penelitian menunjukkan: Validasi oleh ahli materi sebesar 94% dengan kualifikasi sangat baik, ahli penilaian sebesar 75% dengan kualifikasi baik, ahli bahasa sebesar 90% dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan hasil analisis butir soal yaitu hasil uji validitas 85% soal valid dan 15% soal tidak valid, hasil uji reabilitas dengan koefisien alpha 0.928, hasil uji tingkat kesukaran terdapat 37,5% soal indeks kesukaran sukar, dan 52,5% soal dengan indeks kesukaran sedang, dan 10% soal dengan indeks kesukaran mudah, hasil uji daya pembeda terdapat 2,5% soal dengan daya pembeda jelek, 7,5% soal dengan daya pembeda cukup, 62,5% soal dengan daya pembeda tinggi, dan 27,5% soal dengan daya pembeda sangat tinggi, serta hasil uji efektivitas pengecoh terdapat 95% soal dengan kategori baik, 5% soal dengan kategori kurang baik. Kesimpulan hasil penelitian: Produk soal asesmen formatif materi perjuangan rakyat Lumajang dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia (1945-1949) kelas XI di SMA Negeri Klakah telah di validasi oleh ahli materi, ahli penilaian, dan ahli bahasa. Setelah dilakukan uji coba dan analisis terhadap peserta didik kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri Klakah memiliki kualitas yang baik dan dapat mengukur apa yang seharusnya diukur. Rekomendasi dari penelitian ini diharapkan produk asesmen formatif dapat membantu guru dalam membuat soal HOTS pada materi sejarah lokal, serta diharapkan peserta didik dapat mengukur kelebihan dan kekurangannya pada materi sejarah lokal serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. adalah untuk mengembangkan asesmen formatif sejarah lokal materi perjuangan rakyat Lumajang dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia (1945-en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFKIPen_US
dc.subjectSEJARAH LOKALen_US
dc.titlePengembangan Asesmen Formatif pada Materi Perjuangan Rakyat Lumajang dalam Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia (1945-1949)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Sejarahen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Mohamad Na’im, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Sumarjono, M.Sien_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2027-09-08
Skripsi5.3 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools