Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/1145
Title: PENINGKATAN KETERAMPILAN BERDIALOG DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA UNTUK SISWA KELAS V SDN TUKUM 01 KECAMATAN TEKUNG LUMAJANG
Authors: Sri Wahyuni
Keywords: METODE SOSIODRAMA
Issue Date: 23-Sep-2013
Series/Report no.: 080210204091;
Abstract: Keterampilan berbicara adalah keterampilan untuk mengungkapkan gagasan, pikiran, dan perasaan secara lisan. Salah satu keterampilan berbicara adalah berdialog yang merupakan contoh peristiwa tutur. Dalam kurikulum 2006 disebutkan salah satu standar kompetensi yang harus dikuasai dicapai dalam pembelajaran berbicara adalah mengungkapkan pikiran secara lisan dalam diskusi dan bermain peran. Namun kenyataannya, hasil observasi di kelas V SDN Tukum 01 Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang kemampuan berdialog siswa sangat kurang, ini disebabkan kurangnya penguasaan kosa kata siswa. Kemampuan berdialog siswa menggunakan bahasa Indonesia masih bercampur dengan bahasa ibu. Pada pembelajaran berdialog hanya ada beberapa siswa yang mampu berdialog menggunakan bahasa Indonesia dengan baik. Untuk itu diperlukan adanya penerapan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berdialog siswa. Salah satu metode yang tepat adalah metode sosiodrama. Alasan dipilihnya metode sosiodrama karena pembelajaran akan menjadi menyenangkan, siswa diminta untuk bermain peran sambil belajar berdialog. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah penerapan pembelajaran keterampilan berdialog dengan menggunakan metode sosiodrama yang dapat meningkatkan keterampilan berdialog untuk siswa kelas V SDN Tukum 01 Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang dan 2) bagaimanakah peningkatan keterampilan berdialog siswa kelas V SDN Tukum 01 Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang setelah menggunakan metode sosiodrama. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran keterampilan berdialog dengan menggunakan metode sosiodrama yang dapat meningkatkan keterampilan berdialog untuk siswa kelas V SDN Tukum 01 Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang, 2) untuk meningkatkan keterampilan berdialog siswa kelas V SDN Tukum 01 Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang setelah menggunakan metode sosiodrama. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN Tukum 01, subyek penelitian siswa dan guru kelas V dengan jumlah 25 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan tes. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah kegiatan berdialog siswa, proses penerapan pembelajaran siswa dan guru. Hasil penerapan pembelajaran keterampilan berdialog menggunakan metode sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan berdialog siswa. Proses pembelajaran yang dilakukan guru mempraktekkan dialog disertai dengan gerak-gerik.mimik, dan intonasi yang tepat. kemudian guru menjelaskan teknis pembelajaran berdasarkan contoh yang dipraktekkan, sehingga siswa dapat melakukan kegiatan berdialog dengan baik dan tenang. Pemberian keleluasaan tempat untuk berlatih dan permainan menambah semangat belajar siswa. Jika pada siklus I siswa merasa bosan, pada siklus II siswa merasa senang mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan. Keterampilan berdialog siswa juga mengalami peningkatan. Siswa yang belum tuntas pada siklus I jumlahnya 15 siswa atau 60%, sedangkan siswa yang tuntas jumlahnya 10 siswa atau 40%. Pada siklus II jumlah siswa yang belum tuntas berkurang yakni 4 siswa atau 16%, sedangkan siswa yang tuntas meningkat menjadi 21 siswa atau 84%. Jumlah peningkatan keberhasilan sebanyak 11 siswa atau 44%. Dalam praktik pelaksanaannya disarankan kepada pihak sekolah terutama pada guru untuk menggunakan metode sosiodrama dan penerapan metode sosiodrama agar lebih mengoptimalkan penggunaan media dan alat peraga yang ada di sekitar.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1145
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_Sri Wahyuni_001.pdf137.44 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools