Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114479
Title: | Manajemen Pembelajaran Fun Activity Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Strawberry Preschool And Daycare Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023 |
Authors: | Susanti, Novi |
Keywords: | Manajemen Pembelajaran |
Issue Date: | 7-Dec-2022 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Manajemen pembelajaran adalah segala bentuk usaha yang dilakukan dalam mengatur proses belajar mengajar yang mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran bertujuan untuk terciptanya proses belajar mengajar yang optimal dan tercapainya tujuan pengajaran. Salah satu lembaga yang melaksanakan manajemen pembelajaran yaitu Strawberry Preschool and Daycare yang terletak di Jl. Letjend Panjaitan XII/H-58, Gumuk Kerang, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Lembaga ini memiliki kegiatan pembelajaran yang menarik yaitu fun activity terdiri dari kegiatan traditional game, fun cooking, kids science, tapak suci, dan panahan. Untuk melaksanakan seluruh kegiatan pembelajaran tersebut, lembaga perlu melaksanakan beberapa tahap yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran fun activity yang terdiri dari kegiatan traditional game, fun cooking, kids science, tapak suci, panahan pada anak usia 5-6 tahun di Strawberry Preschool and Daycare Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Sumber data berasal dari kepala sekolah dan guru kelompok usia 5-6 tahun sebagai informan kunci. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di Strawberry Preschool and Daycare, manajemen pembelajaran fun activity pada anak usia 5-6 tahun menjalankan kegiatan traditional game, fun cooking, kids science, tapak suci dan panahan melalui tiga tahapan terdiri dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan perencanaan pembelajaran fun activity di Strawberry Preschool and Daycare sudah berjalan dengan baik, kepala sekolah membentuk koordinator pada masing-masing kegiatan. Penyusunan rencana pembelajaran meliputi beberapa komponen yaitu merancang jadwal bulanan, rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan, dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian. Penyusunan rencana pembelajaran melalui kegiatan rapat, dilakukan pada awal tahun ajaran, rapat setiap hari sabtu, dan breafing pagi. Rapat membahas kelima kegiatan fun activities, kegiatan mengeksplor, kegiatan read aloud dan kegiatan menghafal surah dalam al qur’an. Pelaksanaan pembelajaran di Strawberry Preschool and Daycare sudah berjalan dengan baik dan lancar sesuai perencanaan pembelajaran yang dibuat sebelumnya, dalam melaksanakan pembelajaran guru melalui lima tahapan, meliputi kegiatan sebelum masuk kelas, pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup, istirahat dan makan. Peran guru mengatur, mengarahkan, dan mengamati anak didiknya masing-masing. Pelaksanaan pembelajaran yang meliputi kelima kegiatan fun activities dilaksanakan pada kegiatan inti, dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dengan alokasi waktu sekitar 30 menit sampai 1 jam. Evaluasi pembelajaran pada anak usia 5-6 tahun di Strawberry Preschool and Daycare dilaksanakan dengan cukup baik oleh guru, guru menggunakan teknik observasi, percakapan, penugasan, unjuk kerja, dan hasil karya. Sedangkan untuk teknik evaluasi pembelajaran fun activity anak usia 5-6 tahun terkait kegiatan traditional game, fun cooking, kids science, tapak suci dan panahan guru menggunakan teknik observasi. Guru hanya melakukan pengamatan dan tidak mencatat secara langsung perkembangan anak. Evaluasi pembelajaran juga dilaksanakan melalui rapat rutin di hari sabtu guru melaporkan perkembangan anak kepada kepala sekolah dan melaporkan kendala serta keberhasilan pelaksanaan pembelajaran selama sepekan. |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114479 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
doc.pdf Until 2028-01-09 | 2.92 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools