Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114462
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Exo-Olo Task dengan Bantuan Media Spinning Question terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Geografi Siswa Sma
Authors: Rizqiyah, Sailah
Rizqiyah, Sailah
Keywords: EXO-OLO Task
Spinning Question
Kemampuan Berpikir Kritis
Hasil Belajar
Issue Date: Nov-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Latar belakang dalam penelitian adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hal itu dipengaruhi oleh model pembelajaran yang bersifat klasik dan hanya satu arah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adannya pengaruh model pembelajaran EXO-OLO Task dengan bantuan media spinning question terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian post test only control design. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Jember dengan materi Pengetahuan Dasar Geografi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran EXO-OLO Task dengan bantuan media spinning question terhadap kemampuan berpikir kritis berdasarkan nilai sig. uji T-test 0,000 (≤ 0,05) dan hasil belajar siswa berasarkan nilai sig. uji T-test 0,034 (≤ 0,05). Model pembelajaran ini juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa berdasarkan rata-rata hasil post-test kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114462
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Sailah Rizqiyah
  Until 2028-01-10
2.72 MBUnknownView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools