Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114372
Title: Perbedaan Model Pembelajaran Concept Attainment dan Discovery Learning Berbantuan Media Macromedia Flash terhadap Historical Thinking Skills
Authors: DENISPRATIWI, Weny Widya
Keywords: CONCEPT ATTAINMENT
HISTORICAL THINKING SKILLS
DISCOVERY LEARNING
Issue Date: 15-Dec-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Perbedaan model pembelajaran Concept Attainment dan model Discovery Learning berbantuan media Macromedia Flash terhadap Historical Thinking Skills; Weny Widya Denispratiwi; 180210302079; 2022; xvii+128 halaman; Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember. Kurikulum Merdeka menjelaskan Lingkup Standar Kecakapan pembelajaran sejarah salah satunya menekankan Keterampilan berpikir sejarah (Historical Thinking Skills). Namun berdasarkan penelitian terdahulu menunjukkan rendahnya keterampilan berpikir sejarah peserta didik. Beberapa model pembelajaran secara teori dapat meningkatkan keterampilan berpikir sejarah terhadap peserta didik. Model pembelajaran yang dimaksud ialah model Concept Attainment dan model Discovery Learning. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa model Concept Attainment menumbuhkan kemampuan berpikir yang logis, mengembangkan dasar keterampilan berpikir peserta didik. Sedangkan Discovery Learning mampu meningkatkan proses kognitif peserta didik, dan mendorong peserta didik memahami dan menyimpulkan hipotesis. Pembelajaran dapat maksimal apabila dilandasi penggunaan teknologi. Menyesuaikan tuntutan revolusi Industri 4.0 maka proses pembelajaran sejarah memanfaatkan media Macromedia Flash dalam meningkatkan minat peserta didik. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah terdapat perbedaan signifikan Historical Thinking Skills peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Concept Attainment dan peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Macromedia Flash?. Tujuan pembelajaran ini adalah untuk Mengkaji secara mendalam perbedaan Historical Thinking Skills antara peserta didik yang dibelajarkan dengan model Concept Attainment dan peserta didik yang dibelajarkan dengan model Discovery Learning berbantuan media Macromedia Flash. Manfaat penelitian ini adalah dapat memberikan referensi baru mengenai model-model pembelajaran inovatif yang relevan dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian quasi eksperimen dengan sampel 64 peserta didik dari kelas XII IPA E dan kelas XII IPA D di SMAN 1 Probolinggo. Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, dan tes pilihan ganda sebagai alat pengumpulan data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji-t atau independent sample T-test. Hasil uji Independent Sample t-test pada posttest menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 lebih kecil dari taraf signifikansi 5%. Kemudian, uji Independent Sample t-test pada unjuk kerja sebesar 0,02 (0,02 < 0,05) lebih kecil dari 0,05 sehingga berdasarkan uji independent sample t-test pada posttest maupun unjuk kerja menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan Historical Thinking Skills peserta didik yang dibelajarkan dengan model Concept Attainment dan peserta didik yang dibelajarkan dengan model Discovery Learning. Selisih rata-rata nilai antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 untuk rata-rata pada nilai posttest menunjukkan angka positif 5,187. Sementara selisih nilai rata-rata antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 untuk unjuk kerja menunjukkan angka positif 5,000. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Historical Thinking Skills peserta didik pada kelas eksperimen 1 yang dibelajarkan menggunakan model Concept Attainment lebih baik dari kelas eksperimen 2 yang dibelajarkan menggunkan model Discovery Learning. Rekomendasi penelitian ini diharapkan agar pendidik dapat mengimplementasikan Concept Attainment maupun model Discovery Learning sebagai salah satu model inovatif untuk menunjang proses pembelajaran yang efektif. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan signifikan Historical Thinking Skills peserta didik yang diajarkan menggunakan model Concept Attainment berbantuan Macromedia Flash dan model Discovery Learning berbantuan Macromedia Flash pada peserta mata pelajaran sejarah. Rekomendasi penelitian ini diharapkan peserta didik lebih analitis dalam mengkritisi pembelajaran sejarah untuk mengasah keterampilan berpikir sejarah, pendidik mampu mengembangkan model pembelajaran Concept Attainment maupun model pembelajaran Discovery Learning agar lebih bervariasi serta interaktif.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114372
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf2.55 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools