Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114143
Title: Analisis Hasil Asesmen Kompetensi Minimum terhadap Siswa Kelas V Tingkat Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2021/2022
Authors: HIDAYANTI, Riska
Issue Date: 6-Dec-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Analisis Hasil Asesmen Kompetensi Minimum Terhadap Siswa Kelas V Tingkat Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2021/2022; Riska Hidayanti; 2022; 48 Halaman; Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember. Asesmen kompetensi minimum ialah alat dalam mengevaluasi mutu sistem pendidikan, sehingga dapat menghasilkan gambaran yang jelas terkait kualitas proses pembelajaran di sekolah dan hasil belajar siswa. Pada laporan hasil asesmen kompetensi minimum dirancang sebagai umpan balik bagi sekolah dan dinas pendidikan dalam penilaian dan perencanaan program pendidikan menjadi lebih baik. Berdasarkan data hasil PISA 2018, peringkat PISA Indonesia pada tahun 2018 mengalami penurunan jika dibandingkan dengan hasil PISA tahun 2015. Dengan adanya pelaksanaan asesmen kompetensi minimum (AKM), menjadi acuan dalam memperbaiki strategi pembelajaran yang lebih baik daripada sebelumnya. Guru dapat merancang pembelajaran yang memperhatikan tingkat capaian siswa, agar dapat memudahkan siswa dalam menguasai konten atau kompetensi yang diharapkan pada setiap mata pelajaran. Guru menjadi peran paling penting dalam ketercapaian efektivitas siswa mengerjakan asesmen kompetensi minimum, tanggung jawab guru dalam membimbing siswa di sekolah. Tujuan dalam penelitian ini adalah; untuk mengetahui hasil dari asesmen kompetensi minimum untuk siswa kelas V di tingkat sekolah dasar, mengetahui faktor-faktor kendala pada saat pelaksanaan asesmen kompetensi minimum siswa kelas V tingkat sekolah dasar, mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kedala pada saat pelaksanaan asesmen kompetensi minimum siswa kelas V tingkat sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Cindogo 1, SD Negeri Kejayan 1, SD Negeri Kalitapen 1, dan SD Negeri Gunung Anyar 2 tahun pelajaran 2020/2021. Dengan subjek penelitian kepada guru kelas V dan guru pendamping asesmen kompetensi minimum. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa angket, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil asesmen kompetensi minimum pada kemampuan literasi di SDN Cindogo 1 telah menunjukkan peserta didik di tingkat literasi membaca telah cakap, diatas kompetensi minimum,dari ketiga sekolah di SDN Kalitapen 1, SDN Kejayan 1, dan SDN Gunung Anyar 2 kemampuan literasi siswa menunjukkan bahwa mayoritas siswa masih di bawah standar capaian asesmen kompetensi minimum. Hasil nilai rata-rata sekolah dari empat sasaran sekolah yakni; di SDN Cindogo 1, SDN Kalitapen 1, SDN Kejayan 1, dan SDN Gunung Anyar 2 menunjukkan bahwa peserta didik rendah dalam kemampuan numerasi dengan tingkat capaian masih di bawah kompetensi minimum, mayoritas peserta didik rendah dalam pengetahuan numerasi. Hasil wawancara dan angket faktor atau kendala tersebut lebih mengarah kepada faktor eksternal di lingkungan sekolah yang masih sangat keterbatasan sarana dan prasarana pada pelaksanaan asesmen kompetensi minimum, di SDN Kalitapen 1, SDN Kejayan 1, dan SDN Gunung Anyar 2. Pada faktor proses pelaksanaan asesmen kompetensi minimum siswa masih mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal literasi dan numerasi karena guru masih belum memasukkan unsur literasi membaca dan literasi numerasi dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). Kesimpulan dari penelitian ini Pemahaman guru terhadap asesmen kompetensi minimum sangat penting disosialisasikan lebih lanjut, supaya guru dapat mengimplementasikan dalam kegiatan belajar mengajar perlu adanya unsur literasi dan numerasi sebagai upaya peningkatan kualitas hasil belajar siswa. Saran penelitian ini ialah guru diharapkan dapat melakukan penilaian atau evaluasi di sekolah dengan melihat referensi dari soal AKM, yang dimana soal AKM tersebut mencangkup soal lintas kompetensi, lintas bidang, dan lintas mata pelajaran.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114143
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Repository Skripsiku.pdf2.76 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools