Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114113
Title: Pengaruh Kegiatan Literasi Dasar terhadap Minat Membaca Siswa Kelas 5 di SDN 5 Genteng Kabupaten Banyuwangi
Other Titles: Pengaruh Kegiatan Literasi Dasar Terhadap Minat Membaca Siswa Kelas 5 di SDN 5 Genteng Kabupaten Banyuwangi
Authors: MASRUROH, Siti
Keywords: LITERASI DASAR
MINAT BACA
Issue Date: 19-Jul-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 5 Genteng Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah pengaruh kegiatan literasi dasar terhadap minat baca siswa di kelas V SDN 5 Genteng Kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental. Adapun langkah-langkah penelitian yaitu: (1) penelitian pendahuluan; (2) merusmuskan hipotesis; (3) memilih kelas eksperiment; (4) melakukan pre angket; (5) melaksanakan literasi dasar; (6) melakukan post angket; (7) analisis data; (8) menyusun laporan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan taraf signifikasi 0,05%, diperoleh thitung (18,546) > ttabel (2,179). Hal tersebut juga didukung dari perbedaan nilai rata-rata pre angket sebesar dan post angket atau perbedaan sebelum dilaksanakanya kegiatan literasi dasar dan setelah dilaksanakanya kegiatan literasi dasar. Perolehan nilai rata-rata pada pre angket memperoleh nilai rata-rata sebesar 50,60. Sedangkan nilai yang diperoleh pada post angket memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,50. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh kegiatan literasi dasar terhadap minat membaca siswa kelas V di SDN 5 Genteng Kabupaten Banyuwangi.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114113
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
PENGARUH KEGIATAN LITERASI DASAR.pdfArticle13.04 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools