Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114033
Title: Pengaruh Experiential Marketing dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Kafe Senja di Jember
Authors: ISLAMEY, Azalia
Keywords: EXPERIENTIAL MARKETING
KUALITAS PELAYANAN
KAFE SENJA di JEMBER
Issue Date: 8-Dec-2022
Publisher: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract: Seiring berkembangnya zaman, banyak sekali hal-hal di dalam kehidupan manusia juga turut berkembang, salah satunya perkembangan dalam dunia bisnis. Salah satu bisnis yang sedang naik daun dan banyak digemari oleh para pengusaha yaitu bisnis makanan dan minuman. Terdapat banyak sekali bentuk usaha dalam menjual makanan dan minuman, salah satunya kafe. Keberadaan kafe yang kian meningkat, mengakibatkan terjadinya persaingan antar pemilik usaha kafe. Untuk itu para pemilik usaha kafe diharapkan dapat terus melakukan inovasi, strategi, dan keunikan tersendiri, terlebih dalam hal memasarkan produknya. Salah satu konsep pemasaran yang unik yang dapat membuat pelanggan merasa puas yaitu dengan menawarkan experiential marketing dan memberikan kualitas pelayanan yang baik. Kabupaten Jember merupakan salah satu kota yang memiliki banyak sekali usaha kafe dengan menawarkan keunggulan yang berbeda-beda. Salah satu kafe di Jember yang menawarkan banyak keunggulan yaitu kafe Senja. Kafe Senja memulai usahanya pada tahun 2020 yang berlokasikan di Jalan Merak No. 789, Gebang – Jember. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini yang telah dilakukan uji menunjukan bahwa experiential marketing (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y); kualitas pelayanan (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y); experiential marketing (X1) dan kualitas pelayanan (X2) secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y).experiential marketing (X1) dan kualitas pelayanan (X2) secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Sumbangan pengaruh yang diberikan oleh experiential marketing dan kualitas pelayanan terhadap terbentuknya kepuasan pelanggan pada kafe Senja di Jember sebanyak 60, dengan variabel experiential marketing yang memberikan sumbangan lebih besar dibandingkan dengan variabel kualitas pelayanan.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114033
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AZALIA ISLAMEY 180910202074 REPOSITORY.pdf
  Until 2027-12-16
2.38 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools