Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113984
Title: Pengembangan Media Pembelajaran Appy Pie dan Efektivitasnya terhadap Historical Comprehension Peserta Didik Kelas XI Ips 4 SMAN 1 BANGOREJO
Authors: TRIASTI, Datri Aruming
Keywords: Pengembangan
Appy Pie
Historical Comprehension
Issue Date: 5-Dec-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dianggap sebagai jawaban dalam mengimbangi derasnya arus globalisasi yang melanda dunia. Teknologi merupakan bagian dari kemajuan zaman. Dewasa ini teknologi diaplikasikan dalam berbagai aspek kehidupan. Tak terkecuali dalam hal pendidikan. Era globalisasi membuat negara didunia berlomba dalam meningkatkan kualitas pendidikan di negara mereka masing masing. Dampak positif dapat dirasakan dalam dunia pendidikan saat ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami kemajuan, pendidikan berjalan sebagai sebuah sistem pendidikan yang memuat serangkaian proses kegiatan pembelajaran dimana peserta didik dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya. Berdasarkan fakta di sekolah diketahui bahwa ada beberapa permasalahan yang dihadapi diantaranya (1) kurang bervariasinya penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran; (2) pendidik sangat jarang mempergunakan media pembelajaran berbasis android (3) pendidik jarang menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi dalam proses pembelajaran sejarah. dan juga kurangnya tingkat historical comprehension peserta didik. dengan demikian, perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang inovatif dan menarik guna meningkatkan historical comprehension peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana impelentasi produk pengembangan appy pie menggunakan model four-D; (2) Bagaimana efektivitas produk pengembangan Appy Pie terhadap Historical Comprehension peserta didik kelas XI IPS 4 SMAN 1 Bangorejo ? Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah (1) menghasilkan produk berupa aplikasi appy pie dan hasil implementasi produk pengembangan dengan model 4D (2) meningkatkan historical comprehension pada mata pelajaran sejarah melalui penggunaan media pembelajaran yang efektif yaitu media pembelajaran appy pie. Produk yang dihasilkan, kemudian divalidasi ahli, diuji cobakan pada peserta didik dan dianalisis menggunakan uji normalitas, paired samples T-test pada SPSS dan juga menggunakan rumus eta squared untuk menghitung tingkat keefektivitasannya. Hasil validasi ahli bahasa menunjukkan nilai skor 3,80 tergolong dalam kategori “Sangat Baik” artinya dapat digunakan tanpa revisi, sedangkan validasi ahli media menunjukkan hasil nilai skor sebanyak 3,75 tergolong dalam kategori “ Sangat Baik” artinya bahwa produk dapat digunakan tanpa revisi, dan yang terakhir adalah validasi ahli materi menunjukkan nilai skor sebanyak 3,67 tergolong dalam kategori “Sangat Baik” dalam artian bahwa produk dapat digunakan tanpa revisi. Hasil uji kelompok kecil pre test menunjukkan nilai sebesar 55,78. Rata-rata post test nya sebesar 85,33, kemudian diuji T (T= -21,029), dengan tingkat keefektivan relatif 0,92 tergolong dalam klasifikasi “ efek besar” untuk produk media pembelajaran mobile learning berbasis android ( menggunakan rumus eta squared). Hasil uji kelompok besar didapatkan dari hasil pre test 56.00 dan post test 84,69. dikarenakan jumlah datanya lebih dari 30 maka harus diuji normalitas terlebih dahulu supaya datanya berdistribusi dengan normal. Hasil uji normalitas menunjukkan angka untuk pre test 0,200 dan untuk post test 0,077 hasil tersebut dinyatakan normal. Lalu diuji T (T = -28.667), dengan tingkat efektivitas 0,96 termasuk dalam klasifikasi “ efek besar”. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran mobile learning berbasis android telah tervalidasi dan layak untuk digunakan sebagai sumber belajarans sekaligus sebagai media pembelajaran mata pelajaran sejarah kelas XI ips SMA dan media pembelajaran mobile learning efektif dalam meningkatkan historical comprehension peserta didik.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113984
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2027-12-05
Educational technologi3.04 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools